Kisah Pria Jakarta Kenal Wanita Dari Aplikasi Kencan, Berakhir Dimutilasi

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 18 Sep 2020 08:15 WIB
People problems, poverty. Ilustrasi Pria / Foto: Getty Images/iStockphoto/kieferpix
Jakarta -

Terkadang kesendirian mendorong seseorang untuk mencari teman ataupun pasangan yang bisa menemani hidupnya. Saat ini, hal tersebut bisa menjadi lebih mudah berkat adanya bantuan dari berbagai macam aplikasi kencan online. Walaupun demikian, para pengguna fitur aplikasi kencan online tetap diharapkan untuk selalu berhati-hati. Salah-salah memilih, bukannya mendapat teman atau pasangan, malah nyawa bisa melayang, seperti kisah yang satu ini.

Seorang pria asal Jakarta baru-baru ini heboh diberitakan setelah kisah tragis yang dialaminya terungkap. Pria bernama Rinaldi Harley Wismanu itu dikabarkan meninggal dimutilasi oleh seorang wanita yang baru saja dikenalnya dari salah satu aplikasi kencan online, Tinder.

Berdasarkan keterangan dari Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana, setelah beberapa kali bertukar pesan melalu Whatsapp, Rinaldi kemudian memutuskan bertemu dengan wanita yang diketahui bernama Laeli Atik Supriyatin. Keduanya sepakat untuk menyewa Apartemen Mansion di Pasar Baru, Jakarta untuk tanggal 9-12 September.

Namun ternyata, sang wanita sudah memiliki niat jahat untuk melakukan pembunuhan demi mendapatkan harta dari pria 36 tahun itu. Dalam melakukan aksinya, wanita 27 tahun itu tidak sendirian. Dia dibantu oleh seorang pria 26 tahun, Djumadil Al Fahri.

"Di situ mereka merencanakan untuk menghabisi korban. Tanggal 9 September masuk dan rupanya DAF (Djumadil Al Fajri) sudah mendahului masuk di apartemen tersebut dan DAF sembunyi di kamar mandi," jelas Irjen Nana Sudjana di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (17/9/2020).

Ketika Rinaldi dan Laeli tengah berhubungan badan, Djumadil lalu muncul dan langsung memukul Rinaldi dengan batu bata sebanyak 3 kali hingga tewas. Setelahnya jenazah Rinaldi dipindahkan oleh kedua sejoli itu ke kamar mandi. Selanjutnya keduanya pun memutilasi jenazah Rinaldi hingga menjadi 11 bagian.

Potongan tubuh Rinaldi kemudian dimasukkan ke dua buah koper dan satu tas ransel. Tak hanya itu saja, para pelaku juga berusaha untuk menghilangkan jejak dengan membeli seprai baru dan mengecat ulang tembok apartemen yang terkena bercak darah.

Sambil menunggu tempat untuk menguburkan jenazah Rinaldy, Laeli dan Djumadil memutuskan untuk menyewa unit di Apartemen Kalibata City. Di apartemen tersebutlah jenazah Rinaldy yang telah dimutilasi itu disimpan. Selanjutnya kedua sejoli itu memutuskan untuk mengontrak sebuah rumah di Cimanggis, Depok, untuk dijadikan sebagai 'kuburan' dari korbannya. Namun rencana tersebut gagal karena keduanya sudah terlebih dulu ditangkap.

Berkenalan dan menjalin hubungan dengan orang asing yang benar-benar baru dan tidak pernah kamu tahu sebelumnya bukanlah perkara mudah. Kamu tidak bisa langsung percaya begitu saja kepadanya. Agar tidak mudah tertipu saat berkenalan melalui aplikasi kencan online, berikut ini beberapa tipsnya:

1. Safe dan Secure

Menurut Psikolog Tara de Thouars, saat menjalani masa perkenalan dalam sebuah hubungan yang mengarah ke pernikahan, sangat penting memperhatikan perasaan aman serta nyaman. Jika tidak merasa aman dan nyaman maka sebuah relasi yang serius dan sehat sulit untuk terbentuk karena Anda tidak akan membuka hati dan diri sepenuhnya pada orang lain.

"Yang terpenting yakini diri kita sendiri, merasa amankah Anda, yakinkah Anda bahwa ikut aplikasi kencan online ini Anda merasa nyaman dalam menjalani hubungan asmara," tutur Tara saat ditemui Wolipop beberapa waktu lalu.

2. Aplikasi dan Orang-orang di Dalamnya Terpercaya

Sulit menemukan pasangan yang serius pada aplikasi cari jodoh online. Namun salah satu cara untuk menyadari apakah orang-orang yang terlibat ini serius dalam menjalani hubungan adalah dengan mengetahui bahwa aplikasi cari jodoh online itu sendiri memang dapat dipercaya sehingga orang-orang di dalamnya juga terpercaya.

"Caranya kita bisa lihat dari sistem keamanan aplikasinya, misal untuk bergabung pada suatu aplikasi kencan online harus ada beberapa data verifikasi yang harus dimasukkan seperti KTP atau SIM hingga sertifikat sekolah dan pasport. Nah semakin besar verifikasinya berarti orang tersebut akan semakin serius untuk menjalani hubungan," jelas Tara.

3. Tidak Ada Konotasi Seksual

Menurut Tara salah satu hal yang terpenting untuk mengetahui seseorang serius untuk menjalani hubungan melalui aplikasi cari jodoh online ini adalah tidak ada hal-hal atau percakapan yang menjurus tentang seks.

"Amannya dan kita tahu kalau orang tersebut baik adalah dalam percakapan yang dilakukan tidak ada yang berbau porno dan seksual," katanya.

4. Jujur

Suatu hubungan yang baik dimulai dengan sebuah kebenaran akan kata-kata dan kejujuran. Kunci utama cari jodoh online adalah terbentuknya suatu relasi dan cinta dengan keterbukaan diri dan rasa percaya satu sama lain.

"Perempuan akan merasa si dia jujur karena memiliki komitmen. Apa yang ada di real dan apa yang ada di profil keterangan pada aplikasi kencan onlinenya itu adalah sesuatu yang sama," terang Tara

5. Profil

Dalam menjalin hubungan melalui aplikasi cari jodoh online, hal pertama yang dilihat oleh seseorang adalah profil dan data-data diri yang tertera. Seseorang yang serius akan secara terbuka melengkapi dan memberi tahu informasi tentang dirinya, mulai dari foto profil yang bagus, pekerjaan, hingga hobi yang disukainya.

"Penampilan memang penting tapi informasi tentang profil jauh lebih penting," jelas Tara.

(vio/vio)