Ini Warna Baju yang Bikin Kamu Terlihat Lebih Menarik dan Pintar

Hestianingsih - wolipop Minggu, 16 Feb 2020 19:00 WIB
Koleksi dua desainer lokal ini terinspirasi dari busana kimono. Banyak atasan dan dress yang dihadirkan dengan potongan lengan lebar serta obi. busana yang ditampilkan dengan warna netral seperti putih, hitam, abu-abu serta emas. Sementara koleksi pria didominasi blazer model wrap. dipagelaran mode Indonesia Fashion Week (IFW) 2015 yang resmi berakhir pada Minggu (1/3/2014). Baju hitam memberi kesan percaya diri, cerdas dan bisa diandalkan. Foto: Mohammad Abduh
Jakarta -

Ingin meninggalkan kesan yang baik saat wawancara kerja atau kencan pertama? Bisa dimulai dari pemilihan pakaian yang kamu kenakan.

Saat bingung ingin pakai baju apa untuk wawancara kerja maupun berkencan, mungkin kamu bisa mempertimbangkan warna baju 'paling aman' yakni hitam. Menurut penelitian, baju hitam bisa menambah rasa percaya diri, membuatmu terlihat lebih menarik dan lebih pintar.

Supplier baju asal Inggris, Buytshirtsonline, melakukan survei terhadap 1.000 orang tentang warna-warna baju dan kesan yang ditimbulkan. Dalam survei tersebut responden diberikan beberapa foto satu orang yang sama dengan warna pakaian berbeda. Responden pria diperlihatkan foto wanita, begitu juga sebaliknya, responden wanita diberi foto pria.

Foto: Mohammad Abduh


Peneliti kemudian meminta penilaian responden tentang warna baju dan korelasinya terhadap kesan seseorang. Hasilnya, baju warna hitam selalu berada di urutan teratas untuk setiap kategori kesan yang positif seperti keseksian, kepercayaan dan kecerdasan.

Studi berjudul 'The Perception of Color' ini juga menunjukkan bahwa busana hitam merupakan pilihan sempurna ketika kamu ingin membuat seseorang terkesan tanpa terlihat terlalu berusaha untuk menarik perhatian.

Sebanyak 66 persen wanita menganggap pria berpakaian hitam lebih menarik. Sementara 48 persen pria menyukai wanita berbaju hitam ketimbang warna lainnya.

Selain hitam, baju warna biru berada di tempat kedua, yang paling memberi kesan dapat dipercaya dan cerdas. Diikuti dengan baju putih dan hijau.

Foto: Mohammad Abduh


Baju merah dinilai memberikan kesan seksi namun tidak sedikit juga responden menganggap wanita atau pria berbaju merah terlihat arogan. Sementara itu, kamu mungkin perlu mempertimbangkan lagi jika ingin memakai baju pink ketika pertama kali bertemu seseorang yang penting atau calon pasangan yang potensial.

Hanya 5 persen responden yang menganggap orang berbaju pink terlihat pintar. Sisanya menganggap warna pink membuat orang terkesan kurang pintar begitu juga dengan oranye.



Simak Video "10 Universitas Terbaik Indonesia 2020 Versi Webometrics"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)