Ini Alasan Psikologis Kenapa Orang Suka Baca Ramalan Zodiak

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 09 Feb 2020 16:15 WIB
fokus gaji 8 juta Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Ramalan digunakan untuk mengetahui masa depan melalui cara-cara yang umumnya dipandang tidak rasional. Ramalan yang sampai saat ini masih menjadi favorit adalah ramalan bintang atau horoskop.

Kata horoskop berasal dari bahasa Yunani, horoskop yang berarti "mengamati", "memeriksa waktu", jam atau "tanda-tanda jam". Kata ini digunakan sebagian metode ramalan mengenai peristiwa yang berkaitan dengan waktu tertentu yang digambarkan dalam dasar-dasar astrologi horoskop.

Kenapa sampai sekarang masih banyak orang percaya pada ramalan horoskop atau ramalan jenis lainnya? Dalam teori ilmu psikologi, apa yang dialami oleh mereka yang menyukai ramalan ini disebut efek Forer.

"Ada yang namanya efek Forer, yaitu dimana seseorang biasanya suka hal-hal yang menyangkut dirinya, setiap orang akan suka bila ada umpan balik yang berkaitan dengan dirinya. Biasanya sesorang akan menyukai hal-hal yang positif tentang dirinya walau terkesan ilusi," kata psikolog Meity Arianty STP. M.Psi, saat dihubungi oleh Wolipop, Selasa (4/2/2020).

Mei mengatakan bahwa saat ini manusia sebenarnya sangat realistis. Namun tak bisa dipungkiri tetap menyenangkan untuk mengetahui hal tersembunyi dalam diri meskipun pada akhirnya hanya dianggap sekadar lucu-lucuan atau just for fun saja.

"Hampir semua orang akan tertarik membahas dan mengetahui hal-hal yang menyangkut kepribadiannya apalagi berkaitan dengan masa depan sesuatu yang harusnya menjadi misteri. Seseorang akan sangat tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan masa depan," jelas Meity.





Simak Video "Tips Outfit Denim untuk Plus Size"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)
dMentor
×
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses Selengkapnya