Menurut Riset, Ini Alasan Mengapa Pasangan Suami - Istri Bisa Mirip

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 23 Okt 2019 21:05 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Kamu mungkin sering mendengar perkataan orang yang berjodoh biasanya mirip. Tak hanya itu, kamu mungkin pernah mendapati pasangan-pasangan yang memiliki kemiripan wajah satu sama lain. Faktanya, kita memang lebih tertarik dengan seseorang yang merepresentasikan diri kita sendiri. Selain itu, penelitian juga membuktikan bahwa semakin mirip kedua pasangan maka semakin tinggi juga kemungkinan mereka akan bersama untuk jangka waktu yang lama.


Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh psikolog Robert Zajonc dari University of Michigan, pasangan yang bersama akan semakin mirip dari waktu ke waktu. Riset ini dilakukan dengan cara menganalisa dan membandingkan foto terbaru dari para pasangan yang menjadi responden dan foto yang sudah 25 tahun lalu. Penelitian ini juga menemukan bahwa semakin bahagia mereka bersama maka semakin mirip pula fisik mereka.

Menurut Zajonc, pasangan yang sudah lama menjalin hubungan akan terlihat mirip karena mereka berdua mulai meniru mimik dan gaya satu sama lain. Misalnya, jika pasanganmu memiliki selera humor yang baik maka dirinya akan sering tertawa dan secara tidak langsung akan melebarkan garis senyum yang dimilikinya, begitu juga denganmu. Dari penelitian ini juga terlihat bahwa baik pria maupun wanita lebih tertarik dengan orang yang memiliki kepribadian yang sama dengan dirinya.


Penelitian lain pada 2006 yang dilakukan oleh peneliti dari University of Liverpool juga mengungkapkan bahwa pasangan yang lebih lama bersama-sama memiliki kepribadian yang lebih mirip. Penelitian ini dilakukan dengan cara meminta para respondennya untuk melihat foto pria dan wanita yang tidak dikenal. Dan sebenarnya pria dan wanita yang fotonya dilihat responden ini merupakan pasangan, ada yang hubungannya sudah lama, ada juga yang baru menjadi pasangan. Para responden lalu diminta untuk menilai kepribadian dari orang-orang dalam foto tersebut. Setelah diteliti, berdasarkan pilihan para responden ternyata pasangan yang mirip sudah berhubungan dalam waktu jangka panjang. (vio/eny)