4 Tanda Cowok Narsis, Tinggalkan Segera Kalau Kamu Pacaran Dengannya

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 10 Okt 2019 08:36 WIB
Foto: dok. iStock Foto: dok. iStock

Jakarta - Tidak banyak orang menyadari saat pacaran dengan orang narsis. Padahal jika dibiarkan, memiliki pasangan narsis sangat tidak baik untuk kesehatan dan mentalmu. Pria narsis bisa membuat kamu kehilangan rasa percaya diri. Kamu akan mulai memercayai semua yang dikatakan oleh pasanganmu dan menurutinya. Semakin cepat kamu pergi dari hubungan yang tidak sehat ini maka semakin baik. Oleh sebab itu agar kamu bisa menyadarinya, berikut ini empat tanda cowok narsis yang perlu diketahui:

1. Kamu Dipaksa Melakukan Apa yang Diinginkannya

Kamu selalu mengatakan kepadanya apa yang kamu ingin lakukan tetapi pasanganmu selalu memiliki cara untuk menolaknya. Misalnya, kamu sudah mengatakan pada pasanganmu bahwa kamu ingin pergi menonton ke bioskop namun dia selalu memiliki alasan untuk menolak ajakanmu. Pasanganmu juga tidak menyukai jika kamu pergi ke bioskop dengan teman-temanmu karena baginya teman-temanmu adalah sebuah ancaman untuk dirinya. Namun jika seandainya pasanganmu tersebut ingin pergi menonton ke bioskop dan kamu menolak ajakannya maka dirinya akan marah.

Jika kamu telah menikah dan tinggal bersama, orang-orang yang memiliki jiwa narsisme ini mungkin akan terlihat sebagai orang yang suka menolong karena dia akan menolongmu melakukan semua pekerjaanmu. Namun sayangnya hal itu tidak akan bertahan lama sampai akhirnya dia akan menunjukkan sifat aslinya. Dan setelah hal ini terjadi, pasanganmu tersebut akan membuat segalanya menjadi tentang dirinya sendiri. Dia mungkin akan pergi bersama teman-temannya di malam hari namun tidak akan memperbolehkanmu keluar rumah dengan alasan demi keamananmu.

2. Memberikanmu Hadiah Tentang Dirinya

Jika kamu merasa bahwa pasanganmu tidak pernah memperhatikan apa yang kamu suka atau inginkan maka berhati-hatilah. Orang yang memiliki narsisme ini cenderung akan memberikanmu hadiah sesuai apa yang dirinya sukai atau inginkan, bukan tentang dirimu. Awalnya kamu mungkin akan menyukai pemberiannya, namun pada akhirnya kamu akan menyadari bahwa kado tersebut hanyalah untuk kepentingan dirinya, bukan dirimu.

Misalnya, pasanganmu memberikanmu hadiah gaun yang cantik dan indah yang membuatmu senang namun setelahnya kamu akan menyadari bahwa dia memberikannya dengan tujuan tertentu. Dia menginginkan kamu memakainya agar terlihat cantik sesuai keinginannya dan setelahnya dia akan memamerkanmu ke teman-temannya. Dia akan menuntutmu untuk menjadi apa yang kamu inginkan dan jika kamu tidak melakukannya, dia akan marah.


3. Pertentangan Kecil Bisa Jadi Pertarungan

Konflik menjadi hal yang sangat wajar terjadi dalam suatu hubungan. Konflik bisa terjadi jika kedua belah pihak tidak sependapat dan memiliki pandangan yang berbeda. Konflik bisa menjadi masalah jika ditanggapi dengan terlalu emosional dan melakukan tindakan saling menyerang.

Jika kamu memiliki pasangan narsis maka konflik kecil bisa membawanya pada pertarungan. Dia akan mulai mengkait-kaitkan hal lain yang tidak ada hubungannya dengan konflik utama yang kamu alami lalu menyalahkanmu atas semua hal tersebut. Dia akan memanfaatkan kelemahanmu sebagai alat untuk melawanmu. Dia bisa melakukan apapun yang bisa menghancurkan harga dirimu.


4. Menyalahkanmu Untuk Semua Masalah yang Terjadi Dalam Hubungan

Tidak ada hubungan yang sempurna. Oleh sebab itu dibutuhkan adanya rasa saling pengertian dan saling menghargai. Namun kamu tidak akan mendapatkan hal ini dari orang yang narsis. Orang dengan narsisme sangat keras kepala sehingga kamupun tidak akan bisa mengubah pemikirannya. Pasangan seperti ini tidak akan bersungguh-sungguh mencintaimu.

Kamu mungkin akan berusaha keras untuk mempertahankan hubunganmu dan mencari jalan keluar dari masalahmu, namun itu percuma. Orang dnarsis mungkin pada akhirnya akan berusaha menenangkanmu, namun sebelum hal itu terjadi dirinya akan berusaha mengontrol dirimu dengan terus menyerangmu secara emosional. Tak hanya mengomentari dirimu, dia juga akan menjatuhkanmu di depan teman-temanmu.

Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)