Sampai Maut Memisahkan, Romansa SBY dan Ani Yudhoyono Disebut Mirip Film Up

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 03 Jun 2019 15:36 WIB
SBY masukkan tanah ke liang lahad Ani Yudhoyono (Foto: Andhika/detikcom) SBY masukkan tanah ke liang lahad Ani Yudhoyono (Foto: Andhika/detikcom)

Jakarta - Kepergian mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono meninggalkan duka mendalam, terutama bagi suaminya, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). SBY setia mendampingi Ani Yudhoyono hingga maut memisahkan. Di media sosial, ramai unggahan yang menggambarkan kisah cinta SBY dan Ani Yudhoyono mirip cerita di film animasi 'Up'.

Salah satu karakter dari film produksi Disney dan Pixar yang dirilis pada 2009 itu adalah kakek bernama Carl Frederikson. Digambarkan Carl sangat mencintai sang istri, Ellie, yang merupakan teman sepermainannya semasa kanak-kanak. Tumbuh bersama, Carl dan Ellie saling jatuh cinta lalu menikah dan menua di sebuah rumah yang dibangun mereka.

Sampai Maut Memisahkan, Romansa SBY dan Ani Yudhoyono Disebut Mirip Film UpSBY menangis di depan jenazah istrinya, Ani Yudhoyono. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Namun, Ellie harus mendahului Carl karena penyakit yang dideritanya. Meski telah tiada, Ellie masih tetap menjadi cinta sejati Carl. Bahkan Carl menerbangkan rumah mereka yang penuh kenangan itu dengan balon ke belantara Amerika Selatan untuk mewujudkan cita-cita mendiang istrinya.

Romansa Ellie dan Carl itu lantas disamakan dengan cinta SBY pada Ani Yudhoyono oleh netizen. Beredar kolase yang menyandingkan cuplikan adegan Ellie dan Carl dengan foto-foto SBY dan Ani Yudhoyono di media sosial. Foto tersebut memperlihatkan kemesraan SBY dan Ani Yudhoyono di masa muda, pernikahan mereka dan momen ketika SBY menemani istrinya yang terbaring lemah di rumah sakit.



"True love has been taught by this incredibly wonderful couple #RIPAniYudhoyono," tulis seorang netizen menemani unggahan foto tersebut. Ada pula yang menambahkan kalimat "Sampai Maut Memisahkan" pada foto yang sama.

SBY dan Ani Yudhoyono yang bernama lahir Kristiani Herrawati menikah pada 1976 setelah tiga tahun pertemuan pertama mereka. Ani Yudhoyono merupakan putri dari seorang perwira terpandang, Letnan Jendral Sarwo Edhie Wibowo. Dari pernikahan tersebut, SBY dan Ani Yudhoyono dikaruniai dua putra, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhyono.

Semasa hidupnya, Ani Yudhoyono menjadi Ibu Negara saat SBY menjabat sebagai presiden ke-6 RI selama dua periode (2004-2014).


Sampai Maut Memisahkan, Romansa SBY dan Ani Yudhoyono Disebut Mirip Film UpJenazah Ani Yudhoyono tiba di Lanud Halim Perdana Kusuma. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Ani Yudhoyono tutup usia setelah berjuang melawan kanker darah di National University Hospital, Singapura, Sabtu (1/6/2019). Ia wafat dalam usia 66 tahun.

SBY sempat menceritakan bagaimana momen haru kebersamaannya dengan Ani Yudhoyono sebelum sang cinta sejati mengembuskan napas terakhir. SBY beserta anak dan menantunya membisikkan harapan ke telinga Ani. Menurut SBY, secara logika sebenarnya Ani sudah tidak bisa mendengar apa yang dia sampaikan. Namun, Ani rupanya dapat merespons bisikan tersebut.

"Ibu Ani membalas dengan tetes air mata di sudut matanya. Itu berarti Ibu Ani mendengar. Saya ambilkan tisu, saya bersihkan titik-titik air matanya yang menggenang, tapi air mata saya pun menetes di keningnya," ucap SBY.


Sampai Maut Memisahkan, Romansa SBY dan Ani Yudhoyono Disebut Mirip Film UpAni Yudhoyono saat mendampingi SBY sebagai presiden ke-6 RI (Foto: ANTARA)
"Saya menyatukan air mata itu. Saya mohon kepada Allah. Ya Tuhan, inilah bersatunya air mata kami, air mata cinta, air mata kasih, air mata sayang," sambungnya dengan suara bergetar.

"Setelah itu, saya... cium keningnya. Saya ucapkan, selamat jalan istri tercinta...," ucap SBY. Selain suami dan dua anak, Ani Yudhoyono juga meninggalkan empat orang cucu. (dtg/dtg)