9 Tips Buat Kamu yang Jadi Pejuang LDR Setelah Lolos SNMPTN

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 23 Mar 2019 19:06 WIB
Tips cinta untuk pasangan LDR. Foto: shutterstock Tips cinta untuk pasangan LDR. Foto: shutterstock

Jakarta - Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah diumumkan, Jumat (22/3/2019). Bagi yang berhasil lolos dan diterima di universitas negeri impian, tentu menjadi kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri.

Bagi yang lolos SNMPTN dan diterima kuliah di luar kota, tentu harus rela hidup jauh dari keluarga selama lebih kurang empat tahun. Belum lagi mencari tempat kost dan mempersiapkan biaya hidup di kota lain.

Tantangan kuliah di luar kota juga akan bertambah untuk calon mahasiswa yang sudah punya pacar di kota yang sama, namun harus meneruskan pendidikan di kota berbeda. Frekuensi dan intensitas bertemu tentu akan berkurang drastis serta rentan terjadi pertengkaran karena jadi jarang bertatapan langsung.



Nah, untuk kamu-kamu yang harus pacaran jarak jauh (LDR) karena berhasil lolos seleksi SNMPTN dan kuliah di luar kota, tidak perlu terlalu khawatir. Simak tips berpacaran buat pasangan LDR agar hubungan terus langgeng.

1. Selalu Komunikasi
Usahakan untuk selalu mengomunikasikan segala sesuatunya. Media komunikasi kini sudah semakin canggih. Kamu bisa melakukannya lewat chat online atau video call melalui WhatsApp, LINE, Facebook Messenger, bahkan kini Instagram juga sudah menyediakan fitur video call. Negosiasikan kapan kalian harus terhubung, dan selalu beritahu jika sekiranya tidak bisa chat atau video call karena kesibukan perkuliahan agar tak terjadi salah paham.

2. Kompromi
Tanda-tanda hubungan yang sehat adalah adanya toleransi dan kompromi. Setiap masalah akan terselesaikan bila kamu mengerti keadaan satu sama lain. Untuk itu kembali ke poin di atas, kuncinya adalah komunikasi yang baik.

3. Mendengarkan
Bila Si Dia berkeluh kesah atau menceritakan kegalauannya nun jauh di sana, berikan perhatian yang lebih dan tunjukkan bahwa kamu tertarik untuk membantunya. Dengan begitu dia akan merasa selalu terhubung denganmu.

4. Senyum
Kapanpun bertemu, walaupun lewat video call, berikan ia senyum tulus. Senyuman dapat membantu memberikan perasaan yang nyaman dan meredakan ketegangan.



Tips cinta untuk pasangan LDR.Tips cinta untuk pasangan LDR. Foto: iStock


5. Seimbang
Berikan perhatian saat diperlukan, tapi beri dia waktu luang untuk mengerjakan tugas-tugasnya di sana. Jangan sampai dia merasa terganggu dengan sifatmu yang tidak bisa lepas dengannya dan selalu menghubunginya tiap saat. Ingat, dia juga butuh waktu untuk dirinya sendiri.

6. Tidak Masalah Ungkapkan Kekesalan
Kekesalan yang dipendam dapat berbahaya dalam sebuah hubungan. Utarakan apa yang kamu rasakan, sehingga masalah akan cepat diselesaikan. Ingat, tidak harus bertatap muka untuk membicarakan masalah saat kamu dan pasangan terpisah jauh. Manfaatkan teknologi yang ada.

7. Bujet Komunikasi
Berkomunikasi jarak jauh membutuhkan anggaran sendiri bagi pasangan LDR. Seringkali masalah uang menjadi kendala dan pemicu konflik. Bicarakan masalah ini dengan jelas, maka kesalahpahaman dapat dihindari. Ada baiknya bila kamu membuat bujet khusus komunikasi dengan pacar tiap bulannya.

8. Rayakan 'Kesendirian'
Selalu berdekatan dengan kekasih terkadang membuat kamu jadi manja dan hanya menghabiskan waktu untuk sang kekasih, tanpa mengaktualisasikan diri. Kini, saatnya kamu melakukan hal-hal yang disuka, mencoba hobi baru, bertemu dengan teman dan menikmati kebebasan. Namun ingat, bukan kebebasan sebagai seorang single yang bisa berkencan dengan orang lain.

9. Simpan Benda Kekasih
Mungkin ada kalanya kamu dan pasangan akan merasa sedih ketika menjalani hubungan jarak jauh. Untuk itu, kalian perlu memiliki suatu benda untuk tetap merasa dekat ketika merasa kesepian. Misalnya saja menyimpan sweaternya dan dia memiliki selimut yang disemprotkan parfum favoritmu.

Selamat mencoba, pejuang LDR!


9 Tips Buat Kamu yang Jadi Pejuang LDR Setelah Lolos SNMPTN
(hst/eny)