ADVERTISEMENT

Ini Rahasia Pernikahan Awet SBY & Bu Ani, Kamu Juga Bisa Tiru

Kiki Oktaviani - wolipop Selasa, 24 Apr 2018 09:56 WIB
Foto: Eko Susanto/detikcom
Jakarta - Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan sang istri Ani Yudhoyono merupakan salah satu pasangan yang menjaga keharmonisan dan keromantisan meski usia pernikahan sudah puluhan tahun. Banyak orang yang kagum dengan kehidupan pernikahan mereka yang sudah memasuki usia pernikahan 42 tahun itu. Apa rahasianya?

SBY pun membagi resep pernikahan awetnya dengan Bu Ani. Rahasia pernikahan presiden ke-6 tersebut dengan sang istri ini pun bisa ditiru untuk semua pasangan.

Baca Juga: So Sweet, Gaya SBY dan Bu Ani yang Selalu Kompak Pakai Baju Kembaran

"Love, share, and care. Ini rahasianya. Kasih sayang, saling mencintai. Tak ada yang lebih kuat, lebih tinggi, dan lebih penting dari itu," kata SBY dalam lawatan Tour de Banten, Senin (23/4/2018) malam.

Ini Rahasia Pernikahan Awet SBY & Bu Ani, Kamu Juga Bisa TiruFoto: Dok. Instagram Ani Yudhoyono


Tips pernikahan lainnya menurut ketua umum Partai Demokrat itu adalah meredam keegoisan. Tak ada yang menang atau kalah dalam pernikahan, begitu menurut SBY.

"Ada kalanya Ibu Ani yang ngalah, jangan disuruh suami ngalah terus. Begitu sebaliknya, jangan istrinya mau menang terus," candanya.

SBY dan bu Ani mengibaratkan, dalam rumah tangga berat harus sama-sama dipikul, ringan sama-sama dijinjing. "Jangan begini, ringan sama dijinjing, berat lu yang bawa," timpal bu Ani, yang kembali memancing gelak tawa warga.

Hal lain yang juga penting dalam rumah tangga adalah perhatian dan saling menjaga. Dengan menunjukkan kepedulian satu sama lain maka kehidupan pernikahan pun jadi harmonis.

Ini Rahasia Pernikahan Awet SBY & Bu Ani, Kamu Juga Bisa TiruFoto: Dok. Instagram Ani Yudhoyono


"Setiap rumah tangga itu pasti akan ada bertengkarnya. Ada ketidakcocokkannya. Tapi jika tiga resep ini dijalankan, Insya Allah bisa bahagia," tutur bu Ani.

SBY menambahkan, selain ketiga hal tersebut, tentu juga sangat diperlukan doa kepada tuhan. "Supaya Allah memberikan kita kebahagiaan, hubungan yang langgeng dan selalu harmonis," pungkasnya. (kik/kik)