5 Hal yang Perlu Diingat Pasca Putus Cinta Agar Tak Lama Galau

Kiki Oktaviani - wolipop Rabu, 14 Jun 2017 19:47 WIB
Ilustrasi putus cinta. Foto: Thinkstock
Jakarta - Bukan rahasia lagi putus cinta membuat wanita galau. Tak sedikit dari mereka yang putus cinta jadi galau berkepanjangan, kehilangan arah dan pesimis bisa melanjutkan hidup. Inilah lima hal yang perlu diingat pasca putus cinta agar tak lama galau.

1. Jangan Berpikir Kamulah Penyebab Putus Cinta
Apapun yang telah terjadi pada hubungan, jangan berpikir putus cintamu karena sepenuhnya kamu yang bersalah. Jika kamu terus menyalahkan dirimu atas putus cinta, itu hanya membuatmu semakin galau.

"Saran terbaik yang aku katakatan kepada klienku adalah itu bukan tentangmu. Putus cinta bisa terjadi karena berbagai alasan dan biasanya berhubungan dengan orang yang tidak siap menjalani hubungan," ujar psikolog Jennifer Dr. Rhodes, seperti dikutip dari Elite Daily.

Ketika putus cinta, pikiran biasanya menjadi kalut dan lebih banyak negatif yang membuatmu jadi galau. Dr. Rhodes menasehati agar ubah pola pikirmu dengan tidak terus menyerang dirimu sendiri atas putus cinta yang terjadi.

2. Kamu Bisa Mengontrol Situasi
Berikan afirmasi positif untuk dirimu bahwa kamu bisa melewati putus cinta dengan lebih baik dengan mengontrol situasi yang ada. Apapun pilihanmu seperti menjalani hobi baru atau menyelesaikan proyek yang sempat tertunda. Fokuslah pada hal-hal tersebut dan buat jadwal atau daftar perencanan. Cara ini membuat kamu bisa melewati putus cinta dengan lebih baik dan tak lama galau.

Menurur Dr. Rhodes, cara termudah untuk menyegarkan pikiran pasca putus cinta adalah dengan travelling. "Travelling sendirian bisa membuat kamu lebih mengaktualisasikan diri dan membantu menyegarkan pikiran," ujar Dr. Rhodes.

3. Jangan Lupa Bersyukur
Mungkin sulit untuk bersyukur di tengah rasa galau yang mendalam pasca putus cinta, namun Dr. Rhodes mengatakan bahwa mengingat apa yang sudah kita miliki dan pencapaian saat ini, bisa membuatmu sedikit lebih bergairah menjalani hidup. Kamu mungkin bisa juga mensyukuri atas kesendirianmu. Kini, kamu bisa mencoba online dating atau kamu bisa lebih bebas berkumpul dengan sahabat-sahabatmu jika dulu kamu kerap dikekang olehnya.

4. Bisa Quality Time dengan Diri Sendiri
Ketika kamu pacaran, kamu lebih fokus dengan pacarmu dan hubunganmu. Setelah putus, mungkin kamu merasa kesulitan untuk menemukan jati dirimu karena kebiasaan selalu berdua dan tak jarang mengorbankan diri sendiri. Pakar hubungan Christina Coster mengatakan bahwa saat putus cinta menjadi masa yang berharga untuk dirimu mementingkan dirimu sendiri. Lebih peduli dengan diri sendiri membuatmu merasa lebih bernilai dan lebih tahu apa yang sebenarnya kamu butuhkan dalam hidup dan untuk hubungan pacaran selanjutnya.

"Lebih cepat kamu putus kontak dengan mantan kekasih, maka lebih cepat kamu fokus pada diri sendiri," ucap Christina.

5. Tak Masalah Merasa Emosional
Di tengah pikiran bahwa kamu harus melanjutkan hidup dan harus bertahan dengan kegalauan, terkadang semakin sesak dadamu. Menurut konsultan cinta Lydia Kociuba, tak masalah jika mengeluarkan segala emosimu.

"Tak masalah jika menghabiskan sedikit waktu untuk merasa sedih, marah dan sakit hari. Biarkan dirimu merasakan perasaan yang seharusnya tapi jangan terlalu kama. Di satu titik, kamu harus kembali berdiri. Tarik napas dalam-dalam dan fokus dengan hidupmu selanjutnya," kata Lydia. (kik/hst)