ADVERTISEMENT

Jadi Orang Tua Sigap ala Almiranti Fira di Shopee 10.10 Brands Festival

Sukma Nur - wolipop Rabu, 28 Sep 2022 14:12 WIB
Shopee Foto: Shopee
Jakarta -

Rasa sayang setiap orang tua pada anak tentunya mendorong mereka ingin menjadi orang tua terbaik untuk anak-anaknya. Untuk hal itu, para orang tua pasti memberikan contoh dan teladan yang baik agar anaknya bisa tumbuh dan terdidik.

Untuk memberikan contoh dan teladan yang baik untuk anak, para orang tua bisa dimulai sejak anak kecil. Sebab, hal-hal baik pada anak besar nanti semua tergantung pada apa yang didapatkannya, sejak kecil lho, oleh karena itu, jangan asal mendidik ya!

Kali ini, Influencer Almiranti Fira bersama dengan kampanye 10.10 Brands Festival Shopee membagikan pengalaman dan caranya dalam mendidik anaknya Aozora Madeena Arkanara atau yang akrab dipanggil Ao.

Fira ternyata punya pengalaman dan cara sendiri agar Ao tumbuh menjadi anak yang mandiri, jujur, dan percaya diri. Para orang tua atau calon orang tua baru, harus simak ya cara dari Almiranti ini.

1. Biasakan Anak Bertanggung Jawab dengan Hal-hal Kecil

Menurut Fira sebelum anak tumbuh besar dan menjadi dewasa, anak perlu dibiasakan diberikan tanggung jawab terhadap hal-hal kecil. Ayah bunda bisa mencoba dengan memberikannya tugas-tugas sederhana yang biasa mereka lakukan sehari-hari, seperti merapikan mainan setelah bermain, memilih pakaian yang ingin dipakai, ataupun membersihkan kamar sendiri.

"Untuk mengajarkan kebiasaan kepada anak, kita sebagai orang tua harus kerap mencontohkan karena anak kecil cenderung menirukan apa yang dilakukan oleh orang tua dan orang sekitarnya. Begitu kita mencontohkan mereka untuk merapikan mainan, makan harus di meja makan, dan lain sebagainya pasti mereka akan mengikuti dan lama-lama akan tercipta kebiasaan," kata Fira.

"Kita sebagai orang tua juga harus memperlihatkan perilaku yang rapi dan bertanggung jawab, sehingga Si Kecil akan mempelajarinya. Kunci utamanya orang tua harus sabar dan konsisten saat sedang mendidik anak, termasuk saat mengajarkan tentang tanggung jawab," imbuhnya.

2. Beri Arahan yang Baik dengan Penuh Kasih Sayang

Sejak kecil, biasakan beri pemahaman pada anak jika setiap perbuatan yang dilakukan memiliki konsekuensi. Para orang tua bisa memberikan arahan agar anak jangan takut jika ditegur atau diberikan sanksi saat melakukan kesalahan. Selain itu, biasakan gunakan bahasa yang sopan, tutur kata yang lembut, dan hindari pemilihan kata yang berkesan ancaman.

Bukan hanya kesalahan, biasakan juga untuk memberikan apresiasi setiap kali anak melakukan perbuatan yang baik. Hal ini menjadi suatu memori yang indah saat anak besar nanti dan terbiasa untuk menghargai pencapaian orang lain.

"Memberikan penghargaan tidak harus dilakukan setiap saat, kok. Bisa saat anak mendapatkan atau melakukan achievement yang besar, sehingga hal tersebut bisa jadi hal yang spesial. Kalau setiap saat diberikan reward takutnya nanti malah jadi kebiasaan yang tidak baik untuk Si Kecil," ujar Fira.

Jika ingin memberikan reward atau penghargaan, para orang tua bisa coba mengajak anak memilihnya sendiri hadiahnya di rangkaian produk dari berbagai kategori di Shopee. Kegiatan ini bisa membantu melatih anak untuk membuat keputusan serta menentukan dan menyampaikan sendiri keinginan nya.

3. Biarkan Coba Hal Baru agar Percaya Diri

Banyak orang tua yang merasa khawatir saat sang anak mencoba melakukan suatu hal yang baru. Itu adalah hal yang wajar. Tapi, jangan biarkan rasa khawatir itu menjadi bentuk kekangan dan malah membuat anak menjadi penakut.

Cobalah untuk biarkan anak mencoba melakukan hal-hal sehari sendiri. Bisa dimulai dengan sikat gigi sendiri, pakai baju sendiri, mengambil mainan sendiri, hingga tidur sendiri. Hal ini bisa membuat anak menjadi mandiri sejak kecil, selain itu orang tua juga bisa memiliki waktu sendiri karena anak sudah terbiasa mandiri.

"Aku selalu membiasakan dan encourage Ao untuk melakukan sesuatu secara sendiri, dimulai dari hal-hal kecil. Sejak kecil, Ao sudah aku ajarkan untuk bisa tidur di kamar nya sendiri dengan pelan-pelan diberikan pengertian. Selalu aku berikan afirmasi bahwa 'nak tidur sendiri ya, kan ini kamar milik kamu jadi kita tidur di kamar masing-masing ya', akhirnya lama-lama dia jadi terbiasa. Ao juga aku biasakan untuk bisa makan dan bermain sendiri, yang dimana sangat membantu aku saat sedang sibuk berkegiatan maupun lagi bekerja di rumah," kata Fira.

4. Luangkan Waktu untuk Bermain sambil Belajar

Menjadi anak yang baik juga tidak terlepas dari peran kedekatan dan keakraban orang tua bersama sang anak. Oleh karena itu, jangan lupakan untuk meluangkan waktu dan bermain sambil belajar bersama anak.

Pada momen ini, para orang tua juga bisa lebih memahami anak dan mengetahui perkembangannya. Untuk meningkatkan kecerdasannya, cobalah untuk bermain dengan sensory play, seperti menyusun balok, flash card, role play dengan boneka, buku mewarnai, dan puzzle.

"Sensory play merupakan permainan yang sangat Ao sukai, dimana kita bisa seru bermain dan menghabiskan waktu bersama sekaligus mengajarkan motorik, kreatifitas, ingatan, dan fokusnya. Mengajak anak membaca buku bersama juga bisa meningkatkan imajinasi nya, lho! Nah, selain itu jangan lupa juga untuk mengajak anak bermain di luar rumah, seperti ke taman atau tempat baru supaya ia bisa mendapatkan banyak pengalaman menyenangkan." ucap FIra.

Untuk mencari mainan tersebut, orang tua tidak perlu khawatir dan repot mencari, karena semuanya bisa orang tua temukan di kategori kebutuhan anak melalui Shopee 10.10 Brands Festival yang bekerja sama dengan brand-brand anak favorit.

Itu adalah tips untuk para orang tua mempersiapkan diri menjadi orang tua yang sigap dalam mendidik anak agar cerdas. Para orang tua juga jangan khawatir karena segala kebutuhan dan perlengkapan pendukung tumbuh kembang anak bisa orang tua siapkan di kampanye Shopee 10.10 Brands Festival yang akan berlangsung hingga 10 Oktober 2022.

Di kampanye Shopee 10.10 Brands Festival, para orang tua juga bisa menciptakan waktu bersama buah hati sembari mencari dan menemukan perlengkapan pendukung tumbuh kembangnya dengan ragam produk original dari mitra brand terpercaya. Para orang tua bisa menikmati berbagai penawaran menarik, mulai dari Gratis Ongkir Semua Toko, Setiap Hari Super Brand Day, hingga Jumbo Cashback s/d 4 JT.

Di sisi lain, Head of Brands Managerment & Digital Products Daniel Minardi mengatakan pendidikan karakter kepada si kecil memang harus dimulai sejak dini. Sebab, semakin dini hal baik diterapkan, maka akan semakin banyak hal baik yang tertanam dalam dirinya.

"Mengajarkan pendidikan karakter kepada Si Kecil memang harus dimulai sejak dini. Semakin dini hal baik diterapkan, maka akan semakin tertanam dengan baik pada diri sang buah hati, yang akan membantu tumbuh dan kembang nya di tengah dunia modern saat ini. Menunjang hal tersebut, Shopee menghadirkan rangkaian produk dan perlengkapan pendukung untuk berbagai kebutuhan orang tua dan buah hati kesayangan dari mitra brand terpercaya dan dilengkapi dengan promo menarik lewat Shopee 10.10 Brands Festival." ujar Daniel.

(ads/ads)
dMentor
×
Awas! Gelombang Ganas PHK
Awas! Gelombang Ganas PHK Selengkapnya