Initimate Interview

Peduli Anak Down Syndrome, Remaja Indonesia Terima Penghargaan Putri Diana

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 05 Jul 2021 16:13 WIB
Carys Mihardja bersama anak-anak down syndrome di kegiatan yang digelar oleh Carys Cares. (Foto: Dok. Carys Cares) Carys Mihardja bersama anak-anak down syndrome di kegiatan yang digelar oleh Carys Cares. (Foto: Dok. Carys Cares)

Lewat Carys Cares, Carys ingin membuktikan bahwa mereka sudah selayaknya mendapat perlakuan yang setara dengan orang-orang 'normal'.

"Carys percaya, bukan perbedaan yang memisahkan orang-orang, tapi ketidakmampuan kita untuk mengenali, menerima, dan merayakan perbedaan ini," katanya.

Carys Cares rutin menggelar pertemuan dan berbagai kegiatan yang mengasah bakat anak-anak down syndrome. Saat pandemi sekalipun, silaturahmi di Carys Cares tetap terjalin meski secara virtual.

Belakangan, Carys Cares sedang gencar mempromosikan koleksi merchandise yang hasil penjualannya akan didonasikan untuk keluarga yang terdampak COVID-19 melalui Potads. "Selama pandemi ini, ada orangtua yang harus memberikan perhatian ekstra kepada anak-anak down syndrome mereka dan tak semuanya bisa memiliki 'kemewahan' tersebut," kata Carys.

Terdiri dari tas, botol minum, sarung laptop, hingga masker, produk-produk tersebut menampilkan corak yang diambil dari lukisan anak-anak down syndrome. Carys menjualnya secara daring dan luring lewat sejumlah department store papan atas yang mendukungnya.

[Gambas:Instagram]



Kemanangan Besar Teman-teman Down Syndrome

Kegigihan dan komitmen Carys untuk mengadvokasi anak-anak Down Syndrome ini lantas mendapat pengakuan dari sejumlah lembaga internasional. Akhir tahun lalu, ia dianugerahi penghargaan Asia Pacific Economic Cooperation's Business Efficiency and Success Target atau APEC BEST Awards 2020 untuk kategori Social Impact in Society.

Carys menjadi kontestan termuda tahun ini yang mewakili Indonesia dan bersaing dengan peserta dewasa dari berbagai negara Asia Pasifik seperti Taipei, Jepang, Malaysia, Filipina, Rusia, dan Singapura.

"Carys benar-benar menginspirasi generasi muda, bukan hanya di Indonesia tetapi di dunia untuk menyadari dan menggali potensi kewirausahaan sejak usia muda, dengan menjalankan usaha yang juga mempromosikan keberlanjutan kepedulian sosial," ujar Menteri Pemberdayaan Wanita dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmavati dalam keterangan persnya.

Teranyar, Carys terpilih sebagai salah satu penerima Diana Award tahun ini. Pangeran William dan Pangeran Harry menggagas penghargaan bagi kaum muda-mudi yang membawa perubahan positif ini untuk melanjutkan semangat ibu mereka, mendiang Putri Diana, the Princess of Wales, yang dikenal sebagai pribadi dengan jiwa sosial tinggi.

Diana Award tahun ini terasa spesial karena bertepatan dengan ulang tahun ke-60 sosok yang mendapat julukan People's Princess itu. Pemenang diumumkan pada Senin (28/6/2021).

Carys Mihardja, Pendiri Carys Cares dan Pemenang Diana AwardCarys Mihardja, Pendiri Carys Cares dan Pemenang Diana Award Foto: Dok. Carys Cares

"She's the princess of the people. Dia tidak seperti para putri yang mungkin kita tahu dari cerita-cerita, justru Putri Diana menggunakan hidupnya untuk melayani orang. Hatinya sangat tulus saat menolong mereka yang lemah. Jadi mendapatkan Diana Award beberapa hari sebelum ulang tahunnya sangat berarti," katanya.

Penghargaan-penghargaan tersebut tak pernah terbayangkan oleh Carys. Baginya, penghargaan tersebut hanyalah bonus dan semuanya bisa terwujud hanya karena talenta anak-anak down syndrome itu sendiri. "Ini murni pencerminan betapa hebatnya teman-teman penyandang down syndrome. Sebuah kebanggaan tersendiri mereka bisa mendapat pengakuan ini," katanya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Peresmian Patung Putri Diana Akan Digelar 1 Juli"
[Gambas:Video 20detik]

(dtg/dtg)