Intimate Interview

Ini Elisa, Mantan Pacar Anak Ahok Jebolan Miss Indonesia & Calon Dokter

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 03 Mei 2019 16:04 WIB
Elisa Jonathan, Runner-up I Miss Indonesia 2019 (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop) Elisa Jonathan, Runner-up I Miss Indonesia 2019 (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)

Jakarta - Menyandang gelar Runner-up I Miss Indonesia 2019, Elisa Jonathan tetap menjadi dirinya apa adanya. Gaya bicara Elisa ceplas-ceplos dan cuek. Jauh dari kesan 'jaim' alias jaga image seperti para finalis kontes kecantikan pada umumnya.

Elisa Jonathan selalu terlihat ceria, seolah tidak ada beban hidup yang ditanggungnya. Setidaknya begitu kesan yang terasa ketika ia muncul di acara peluncuran koleksi busana Liberty Society di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2019).

Padahal, urusan perempuan kelahiran Jakarta, 20 Oktober 1998, ini terbilang cukup menumpuk sehingga sangat menguras pikirannya. Saat ini, Elisa terdaftar sebagai mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia semester VI. Di tengah kesibukannya menuntaskan studi kuliah yang masih tiga tahun lagi, ia juga mengurusi bisnis kuliner.

Elisa Jonathan, Runner-up I Miss Indonesia 2019Elisa Jonathan, Runner-up I Miss Indonesia 2019 (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)

"Awalnya, aku diminta tanteku untuk membantu mengurusi bisnis kulinernya. Singkat cerita, tanteku keluar dan malah aku yang fully in-charge. Sudah 10 bulan terakhir ini aku pegang sendiri. Padahal, aku nggak punya background bisnis kuliner sama sekali," ujar Elisa kepada Wolipop.

Kendati sudah disibukkan dengan kuliah dan bisnis, itu tak mengurunkan niat bungsu dari dua bersaudara ini untuk berpartisipasi dalam pemilihan Miss Indonesia 2019 sebagai perwakilan Provinsi Banten. Usut punya usut, menjadi kontestan sebuah ajang kecantikan adalah impian Elisa sejak kecil.

Ia mengawalinya dengan mengikuti ajang Gadis Sampul 2014 saat masih berusia 15 tahun dan keluar sebagai juara kedua. Lima tahun berselang, prestasi Elisa terulang di ajang Miss Indonesia 2019 setelah dinobatkan sebagai Runner-up I. Adapun gelar Miss Indonesia 2019 jatuh ke tangan Princess Megonondo dari Jambi. "Bisa dibilang, I'm like living in my own dream now. Sangat bersyukur," kata pengagum Najwa Shihab dan Dian Sastrowardoyo ini.

Ini Elisa, Mantan Pacar Anak Ahok Jebolan Miss Indonesia & Calon Dokter(Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)
Bagi Elisa, eksistensi bukan tujuan utamanya dalam mengikuti ajang tersebut. Ia justru ingin memanfaatkan kesempatan itu sebagai batu loncatannya untuk menjadi seorang dokter bedah plastik yang fokus melayani kaum papah.

"Kalau jadi dokter bedah plastik nanti, aku nggak mau cari uang dari praktek. Aku mau pakai profesiku untuk give-back, misal kasih operasi bibir sumbing gratis. Untuk pemasukan kan sudah ada dari tawaran-tawaran jadi pembicara atau influencer yang datang karena ikut Miss Indonesia. Semoga ada dosen bedah plastik yang dengar ini ya. Hahaha" kata Elisa sambil berseloroh.

Keuntungan juga bukan orientasinya saat melanjutkan bisnis kuliner 'warisan' dari sang tante. Yang terpenting buat Elisa, kesejahteraan karyawannya terjamin. Namun, bukan berarti bisnis kuliner rice box berkonsep pesan-antar itu tak berkembang. Dalam waktu dekat, ia akan membuka restoran perdananya di kawasan Gading Serpong.

Ini Elisa, Mantan Pacar Anak Ahok Jebolan Miss Indonesia & Calon DokterFoto: Daniel Ngantung/Wolipop
"Meski tidak punya pengalaman, aku belajar banyak dari bisnis ini. Untuk menjadi sukses, kita harus bisa mau diajar atau dikritik. Aku dasarnya nggak suka dikritik, jadi butuh pembelajaran banget," katanya.

Diakui Elisa, kewalahan pasti karena berhadapan dengan berbagai urusan. Sampai-sampai ia harus mengorbankan banyak hal, mulai dari waktu hang-out bersama teman sampai urusan cinta.

Sorotan sempat tertuju pada Elisa lantaran hubungan asmaranya dengan Nicholas Sean, yang bukan lain adalah putra sulung Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok. "Sebenarnya kami putus sudah dari tahun lalu. Kami sudah punya dunia masing-masing. Biarkan dia happy karena sudah punya banyak beban. I always wish him the best," katanya.
(dtg/dtg)