Liputan Khusus Jasa Rumah Aesthetic

Kisah Pramugari Terdampak Pandemi, Laris Manis Buka Jasa Rumah Jadi Aesthetic

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 05 Jan 2022 12:00 WIB
Tim Cabin Neat, jasa menata rumah agar aesthetic. Rumah menjadi tertata dan rapi. Foto: Dok. Cabin Neat.
Jakarta -

Mempunyai rumah yang rapi dan Instagramable merupakan dambaan bagi sebagian orang. Hunian yang bersih dan rapi bisa membuat penghuninya nyaman seharian saat ada di rumah.

Namun karena kesibukan aktivitas sehari-hari, membuat sebagian orang kewalahan untuk menata rumah. Alhasil rumah jadi tidak rapi malah cenderung terlalu banyak barang sehingga terasa sempit. Apakah kamu termasuk yang mengalami ini? Kini kamu tak perlu khawatir karena sudah ada jasa yang melayani khusus untuk menata rumah kamu.

Salah satu wanita yang melihat peluang bisnis jasa menata rumah menjadi rapi aesthetic ini adalah Joandri Tuessy Mather dan rekannnya Ivanno Viva Taylor. Keduanya membuat jasa menata rumah bernama Cabin Neat.

Tim Cabin Neat, jasa menata rumah agar aesthetic.Tim Cabin Neat, jasa menata rumah agar aesthetic. Foto: Dok. Cabin Neat.

Joandri saat ini menduduki posisi direktur di PT.Cabinneat Berkah Indonesia. Dia pun menceritakan awal mula mendirikan Cabin Neat.

"Dimulai sejak awal pandemi berlangsung di tahun 2020. Memulai training atau kelas untuk sertifikasi professional organizer di Juni 2020. Dan akhirnya resmi dirilis di Agustus 2020," ungkap Joandri kepada Wolipop belum lama ini.

Joandri mengatakan dia dan rekannya Ivanno yang merupakan komisaris di Cabin Neat memiliki latar belakang sebagai pramugari. Pekerjaan terdampak pandemi sehingga keduanya dirumahkan oleh perusahaan, mereka pun mencoba mendirikan bisnis jasa menata rumah menjadi aesthetic. Dengan latar belakang sebagai pramugari, keduanya sudah terbiasa memperhatikan hal-hal yang detail demi kelancaran penerbangan.

"Hal ini juga membuahkan suatu kebiasaan dalam bentuk penataan, dan kebiasaan ini terbawa sampai rumah. Dengan adanya pandemi, kami berdua tidak melanjutkan kembali karier kami sebagai flight atendant yang pada saat itu status kami dirumahkan. Sehingga memberikan sebuah ide bisnis organizing atau penataan ruang," tutur Joandri.

Tim Cabin Neat, jasa menata rumah agar aesthetic.Foto Joandri dan Ivanno. Foto: Dok. Cabin Neat.

Joandri dan Ivanno sudah bertemanan akrab sejak duduk di bangku SMP. Keduanya juga mempinyai visi dan misi yang sama. Oleh karena itu, mereka pun sepakat untuk membangun bisnis bersama.

Ivanno menjelaskan arti nama Cabin Neat sebagai nama untuk jasa bisnis menata rumah. "Cabin adalah ide konsep berkaitan dengan dunia aviasi dengan latar belakang kami sebelumya sebagai flight attendant atau pramugari. Kami lengkapi dengan neat yang artinya rapi," jelasnya.

"Sehingga kami membawa seluruh konsep aviasi serta terminologi istilah-istilah aviasi. Dan yang mencetuskan pertama kali adalah Joandri," lanjut Ivanno.

Joandri mengungkapkan alasan membuat bisnis yang masih terbilang jarang ditemui di Tanah Air. Dia ingin memberikan pelayanan agar rumah selalu tertata rapi.

"Karena kami sadar bisnis ini masih terbilang awam dan kami ingin mengedukasi masyarakat untuk memiliki gaya hidup yang rapi dan tertata dengan salah satu tujuan memberikan ketenangan mental secara psikologis dan produtif dalam kehidupan sehari-hari," ucapnya.

Saat ini klien Cabin Neat sudah datang dari berbagai kalangan. Sejumlah selebgram dan selebriti Tanah Air seperti Wulan Guritno, Giring Ganesha, Joviadiguna termasuk di antaranya.

Tim Cabin Neat, jasa menata rumah agar aesthetic.Jasa menata rumah agar aesthetic. Foto: Dok. Cabin Neat.

Joandri dan Ivanno Memperoleh Sertifikasi

Joandri dan Ivanno menuturkan jika saat ini Cabin Neat sudah memperoleh sertifikat resmi dan terdaftar sebagai salah satu member National Association of Productivity and Organizing (NAPO). Selain itu bisnis mereka juga memperoleh sertifikasi dari Institute of Challenging Disorganization (ICD) yang berbasis di Amerika Serikat.

"Kami juga menyelesaikan Fundamental Organizing and Productivity untuk mendapatkan status professional member. Dan saat ini sedang dalam proses penyelesaian training untuk mendapatkan sertifikasi sebagai specialist residential organizing," jelasnya.

Joandri sendiri juga termasuk salah satu official KonMari certified consultant pertama di Indonesia yang terdaftar di KonMari Incorporation di bawah asuhan Marie Kondo. Saat ini Joandri memegang Silver Badge atau sudah melewati 300 jam pengalaman.

Sedangkan Ivanno merupakan salah satu member dari ICD pertama dari Indonesia yang sudah melewati proses pembelajaran mengenai materi challenging disorganization.

"Misalnya: OCD,ADHD atau kasus-kasus berat seperti hoarder. Ivanno juga sudah melewati jam terbang yang tinggi lebih dari 400 jam," ujar Joandri.

Lalu bagaimana sistem jasa menata rumah ini? Klik halaman selanjutnya.

Ivanno menjelaskan pelayanan jasa menata rumah dilakukan sesuai dengan kebutuhan kliennya. Dalam melakukan pekerjaan ini, dia dibantu dengan 10 timnya .

"Kami melayani kota Jabodetabek, tetapi sesuai permintaan client kami juga bisa melayani seluruh kota di Indonesia atau International dengan syarat tertentu," jelasnya.

Klien yang datang kepadanya dikatakan Ivanno biasanya memiliki keluhan serupa. Mereka tidak tahu bagaimana menata rumah menjadi rapi atau harus memulai dari mana untuk membuat hunian jadi lebih aesthetic. Orang-orang yang menggunakan jasa Cabin Neat ini juga tidak memiliki waktu untuk menata rumah karena sibuk bekerja.

"Pelanggan biasanya tidak tahu mau memulai dari mana dan stres karena selalu sulit mencari barang yang dibutuhkan," imbuhnya.

Tim Cabin Neat, jasa menata rumah agar aesthetic.Tim Cabin Neat, jasa menata rumah agar aesthetic. Foto: Dok. Cabin Neat.

Dalam menata rumah klien, pastinya ada kesulitan yang dihadapi tim Cabin Neat. Ivanno mengatakan kesulitan terbesar timnya adalah saat pemilik rumah tidak bisa ikut ambil bagian dalam proses menata rumahnya.

"Bagi kami bagian yang tersulit atau yang bisa memakan banyak waktu apabila pelanggan kami atau pemilik dari barang-barang yang kami kategorikan dan pilah-pilah tidak bisa ikut ambil bagian dari proses tersebut. Karena hanya pemilik dari barang yang akan kami tata yang bisa memutuskan mana yang akan disimpan, disumbangkan, dibuang atau di daur ulang," tuturnya panjang lebar.

Lantas berapa biaya jasa menata rumah menjadi aesthetic ini? Joandri mengatakan Cabin Neat memberikan beragam paket. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 2 jutaan hingga Rp 4 jutaan.

(gaf/eny)