1x1 TEMU, Pameran Seni Era Normal Baru ala 2madison Gallery

Sponsored - wolipop Jumat, 19 Nov 2021 08:06 WIB
2madison Gallery Foto: Krisna Affan
Jakarta -

Masih ingat perubahan pola hidup di masa PSBB atau PPKM level 4? Hampir semua aktivitas harus dilakukan dari rumah. Bahkan, tak sedikit keluarga yang harus memodifikasi fungsi ruang-ruang di rumah, mulai dari ruang sekolah virtual sampai ruang kerja virtual.

Kondisi ini menimbulkan kebutuhan masyarakat untuk menata ulang ruang-ruang di rumah agar menjadi lebih estetik dan inspiratif. Satu elemen dari tata ruang yang penting adalah karya seni. Pasalnya, karya seni dipercaya bisa meningkatkan kehangatan ruang dan membuatnya menjadi lebih dinamis.

Bukan hanya itu, karya seni bisa menggugah nalar dan memberikan perspektif baru dalam hidup. Kebutuhan masyarakat akan karya seni inilah yang akhirnya membuat 2madison Gallery menghadirkan pameran kolektif untuk meningkatkan kualitas ruang lewat karya seni.

"Inilah alasan utama mengapa 2madison Gallery menghadirkan pameran kolektif 1x1 TEMU. Semakin banyak masyarakat yang menyadari bahwa karya seni memegang peranan esensial dalam kualitas tata ruang," tutur Creative Director dari 2madison Gallery, Maggie Hutauruk-Eddy dalam keterangan tertulis, Jumat (19/11/2021).

"Pilihlah karya yang memang kamu (keluargamu) sukai secara visual, dan yang memberikan energi dan inspirasi yang diinginkan. Make it personal," imbuhnya.

Maggie menyampaikan terdapat 30 seniman yang tergabung dalam pameran ini. Mereka menyajikan beragam karya, baik dari sisi genre, aliran, dan media. Ada juga pilihan karya yang ideal untuk ruang anak, ruang keluarga, sampai ruang kerja.

Ia menjelaskan kerinduan pada alam (back to nature) dan kesehatan mental juga menjadi topik hangat di berbagai media. Tren ini juga terlihat dari ratuan proposal karya yang masuk semasa PPKM. Maggie pun menemukan hampir 90% seniman/ilustrator dan crafter mengajukan proposal karya dengan tema terkait alam, lingkungan, kesehatan mental dan pengharapan akan kehidupan yang lebih baik dan seimbang.

2madison Gallery2madison Gallery Foto: Krisna Affan

Tak heran sekalipun 30 seniman pada pameran 1x1 TEMU ini datang dari berbagai daerah dan genre, ternyata ada benang merah yang mengaitkan mereka dan menjadikan pameran kolektif ini menyatu.

Menurut Maggie, sekali pun pameran seni dan budaya memang bisa dilakukan secara virtual, namun ada hal esensial yang tidak bisa akan bisa digantikan oleh layar monitor secanggih apapun.

Salah satunya sensasi menikmati karya dengan dimensi, warna, tekstur, bahkan bau cat yang sesungguhnya, di waktu yang bersamaan. 2madison Gallery yakin pameran tatap muka masih menjadi hal penting, tak hanya bagi para perupa dan kolektor muda, namun bagi masyarakat Indonesia yang kini sudah mulai mengapresiasi dunia seni Indonesia.

"Inilah alasan utama mengapa 2madison Gallery menyediakan ruang pamer karya non- virtual. Di masa sulit seperti saat ini, aktivitas kehidupan berkesenian dan berbudaya sebenarnya sudah menjadi seperti vitamin bagi kesehatan mental kita," pungkasnya.

Sebagai informasi, saat ini semua karya yang dipamerkan pada pameran seni kolektif 1x1 TEMU ini bisa dilihat dan dibeli lewat situs www.2madison.com. Pameran ini masih berlangsung sampai hari Sabtu, 27 November 2021 di 2madison Gallery, Kemang. Adapun 2madison Gallery beroperasi pada hari Jumat - Sabtu pukul 10.00 - 21.00 WIB, dan Minggu - Kamis pukul 10.00 - 17.00 WIB.

Selain karya seni berukuran 1 x 1 meter, pengunjung juga bisa mendapatkan karya seni dalam bentuk kecil (art merchandise) yang juga dipamerkan di 2madison Gallery dan 2madinah Store. Keduanya terletak di komplek ritel Gedung Promenade 20, Jl. Bangka Raya No.20, Kemang - Jakarta 12730.

(Content Promotion/ega)