Viral Kucing Sakau Setelah Makan Akar Tanaman, Ini Penjelasan Dokter Hewan

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 04 Nov 2021 12:45 WIB
Video viral di TikTok. Foto: Dok.Tangkap layar akun TikTok @guruPPKn. Video viral di TikTok. Foto: Dok.Tangkap layar akun TikTok @guruPPKn.


Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Erma Dyah Pratiwi yang mengunggah video tersebut. Ia mengatakan jika kucing tersebut milik adiknya. Tapi Erma juga ikut mengurus kucing tersebut.

"Jadi itu sebenernya sudah sering saya kasih akar tanaman itu (tanaman kucing galak/ tanaman anting-anting). Sampai saking seringnya kalau mau jalan belakang (di belakang ada kebun), kucing-kucing selalu mengikuti. Jadi kalau mau ke kebun sekalian ambil tanaman itu," ungkap Erma kepada Wolipop, Rabu (3/11/2021).

Ia sudah memelihara kucing sejak kecil. Ibu dan nenek Erma memberi tahu jika akar tanaman tersebut disukai oleh kucing.

"Jadi kucingnya mengendus, mengisap, sekadar mengigit akar tanaman itu dengan reaksi si kucing bisa guling-guling di tanah atau lantai, ada juga yang mulutnya nggak bisa berhenti gigit, lucu," gemasnya.

Wanita yang tinggal di Mojokerto, Jawa Timur itu merasa terhibur oleh ulah kucingnya yang suka mengunyah akar. Dan secara spontan, Erma langsung mengunggahnya di TikTok.

Nathanya Rizkiani, dari FKH Universitas Brawijaya.Nathanya Rizkiani, dari FKH Universitas Brawijaya. Foto: Dok/Nathanya Rizkiani.

Penjelasan Dokter Hewan

Menanggapi video viral tersebut, menurut Nathanya Rizkiani Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya menjelaskan jika tanaman itu disebut dengan catnip.

Tanaman tersebut membantu kucing yang memiliki karakter stres yang tinggi dan cenderung penakut.

"Pemberian ini sangat direkomendasikan untuk mengurangi risiko berbagai penyakit yang disebabkan stres. Tapi tetap hati-hati dalam memilih akar tanaman, karena ada beberapa tanaman yang beracun untuk kucing, jadi selalu tanya dokter hewan untuk rekomendasi tanaman yang bisa digunakan," kata Nathanya kepada Wolipop (3/11/2021).

Ia juga menjelaskan kucing yang menggigit tanaman jenis akar kucing, anting-anting, kucing galak, dan catmint tersebut sebenarnya bukan dalam kondisi sakau.

"Sebenarnya bukan sakau seperti orang narkoba, tapi lebih efek rileks dan menyenangkan. Untuk beberapa jenis akar tanaman bisa memiliki efek seperti catnip yang banyak dijual di pasaran. Untuk akar ini tidak berbahaya untuk kucing," pungkasnya.

Kucing milik Erma dan adiknya.Kucing milik Erma dan adiknya. Foto: Dok/Pribadi Erma Dyah Pratiwi.
Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(gaf/eny)