Viral Tergiur Tren Vinyl Sticker untuk Lantai Rumah, Malah Berakhir Nangis

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 27 Okt 2021 13:45 WIB
Lantai rumah Merry. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @merryadreena.
Sukabumi -

Salah satu tren dekorasi rumah kekinian adalah memasang vinyl sticker untuk lantai rumah. Sticker vinyl jadi pilihan sebagai material pelapis lantai pengganti keramik dan ubin. Namun tren memakai vinyl stiker ini malah berakhir membuat pemilik rumah yang viral ini menangis seharian.

Kisah tersebut awalnya dibagikan oleh akun TikTok @merryadreena. Dalam video itu ia memperlihatkan lantai rumahnya yang dihiasi vinyl stiker. Saat mencoba melepas vinyl tersebut ternyata llem warna hitam menempel di lantai dan susah untuk dikelupas.

"Nyesel pake vinyl stiker 😭 #fypシ # fyp. Niat mau ganti suasana. Tapi malah bikin nangis seharian," tulis akun TikTok @merryadreena.

@merryadreena nyesel pake vinyl stiker 😭 #fypシ #fyp ♬ bahaya tiara x arsy - sadvibes🥀

Hingga Selasa (26/10/2021) vide tersebut sudah ditonton lebih dari 4,3 juta Views, mendapat 118 ribu Likes dan 4.243 komentar. Warganet yang berkomentar sebagian ikut berbagi pengalaman memakai vinyl, ada juga yang berbagi tips agar kejadian serupa tak dialami.

"Ya itu udah ganti suasana kan jadi nangis," ucap akun @Khrisna Dwidharma.

"Gitulah manusia dikasih keramik pilih vinyl, padahal mah keramik udah bagus loh," ujar netizen lainnya.

"Malah bagus itu, karena lengket dengan sempurna, yaa kalau niatnya setengah-setengah masang gituan ya mending ga usah," saut akun @user7697504571147.

"Yang di salahkan vinyl, itu dibuat kuat lemnya agar tahan lama dan itu juga digunakan untuk jangka panjang, bukan bosen-bosenan," tutur @Yudhi Shoopiers.

"Kalau tipe yang bosenan, mending beli vinyl yang model click-lock. Pasangnya kayak puzzle, jadi kalau bosen tinggal bongkar, nggak ada drama lem-leman," saran akun @V i n.

"Inilah alasan suamiku melarangku pake stiker vinyl, sayang banget granitnya," timpal akun @may_02.

"Itulah pentingnya hasrat keinginan diimbangin pengetahuan dan akal sehat," kata @Dody Herdiansyah.

Lantai rumah Merry.Foto kediaman Merry. Foto: Dok/Merry.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Merry Budiarti yang membagikan video tersebut di akun TikToknya. Merry menceritakan awal mula memasang vinyl sticker di lantai rumahnya.

"Video itu aku rekam pada awal September, setelah lihat banyak sekali orang makeover rumah di TikTok pake vinyl sticker. Keliatan bagus dan tergiur, tanpa cari tahu kekurangan dari vinyl sticker itu seperti apa," ungkap Merry kepada Wolipop, Selasa (26/10/2021).

Wanita 24 tahun itu mengatakan setelah memasang vinyl stiker selama dua bulan, dia pun memutuskan untuk melepaskannya. Penyebabnya bagian atas vinyl tersebut mengelupas dengan sendirinya.

"Yang dikhawatirkan bisa melukai anak saya jika tidak sengaja tergores. Karena kebetulan yang mengelupas itu ujungnya dan lumayan runcing menurut saya," lanjut ibu satu anak itu.

Namun saat mencoba melepaskan vinyl sticker tersebut, wanita yang tinggal di Sukabumi, Jawa Barat itu malah mengalami kesulitan. Sebab vinyl tersebut sangat menempel di lantai dan bekas lemnya tak bisa hilang. Meskipun sudah ia bersihkan dengan air dan membuat kulit tangannya mengering, lem bekas vinyl sticker itu sulit dihilangkan.

"Waktu ngelepas vinyl, bagian atasnya bisa kelepas tapi ternyata lem sama foam-nya kuat banget. Dibersihin disiram pake air panas dan sabun didiemin beberapa jam terus discrub pakai kape," lanjutnya

Setelah perlahan dibersihkan, akhirnya lantai rumah Merry sudah bersih dan tidak ada lagi lem hitam bekas vinyl sticker yang menempel. "Alhamdulilah, kondisi lantai saat ini sudah aman dan bersih. Bagi yang mau pasang vinyl dicari dulu kelebihan dan kekurangan pemasangan vinyl. Terus akan lebih baik jika membeli vinyl premium (bukan vinyl sticker)," pungkasnya.

Lantai rumah Merry.Lantai rumah Merry yang sudah bersih. Foto: Dok/Merry.

Kelebihan dan Kekurangan Pakai Lantai Vinyl

Lantai vinyl mempunyai banyak kelebihan salah satunya harganya lebih terjangkau, tersedia beragam warna dan motif, tahan lama, cara pemasangan dan perawatannya cukup mudah.

Namun Lantai vinyl mempunyai banyak kelebihan salah satunya harganya lebih terjangkau, tersedia beragam warna dan motif, tahan lama, cara pemasangan dan perawatannya cukup mudah. juga mempunyai kekurangan, yaitu jenis lemnya murah mengelupas jika sering terkena air, tidak tahan gores dan beban berat, warna lantai vinyl mudah pudar. Selain itu bahan dasar vinyl memakai bahan sintetis yang memiliki kandungan VOC (votile organic compounds) yang bisa mempengaruhi kesehatan jika dilepaskan ke udara.

(gaf/eny)