Buat Rumah Minimalis, Ini 5 Trik Menghadirkan Ruang Multifungsi

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 07 Okt 2021 17:45 WIB
Design scandinavian home interior of living room.Beige wall. Modern home staging. Template. Japandi. Tips rumah minimalis. Foto: Getty Images/iStockphoto/FollowTheFlow
Jakarta -

Memiliki rumah minimalis pastinya kamu harus pintar mengatur letak furnitur agar hunian terkesan luas dan bisa dipakai untuk berbagai momen. Berikut trik menghadirkan ruang multifungsi di rumah minimalis.

Menurut arsitek Ren Katili, sudut ruang rumah yang dijadikan ruang multifungsi semakin dibutuhkan khususnya di masa pandemi untuk tetap mendukung aktivitas dari tiap anggota keluarga selama di rumah saja. "Ruang multifungsi yang tentram dan nyaman perlu didukung dengan produk yang tepat, karena secara otomatis akan memberikan ketenangan hati para ibu. Ruang multifungsi ini juga bisa dijadikan ruang bermain anak agar mereka tetap bisa berkreasi di masa pandemi saat harus lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja," ujar Ren.

Berikut lima cara menciptakan ruang multifungsi di rumah minimalis, seperti disampaikan Ren Katili untuk peluncuran Dulux EasyClean Anti-Viral:

1. Ruang yang mengalir

Ini adalah kunci utama agar ruang bisa berfungsi optimal dengan berbagai macam kegiatan di dalamnya. Oleh karena itu, penentuan di awal ruang apa saja yang akan digabungkan sebaiknya dilakukan, supaya mudah meletakkan perabotan dengan tepat dalam ruang tersebut.

2. Perabot multifungsi

Bagi pemilik rumah minimalis, pilih furnitur yang memiliki fungsi lebih dari satu, yang mudah dipindahkan atau digeser supaya tidak menghabiskan tempat yang ada. Makin sedikit perabotan yang dibeli, akan makin baik.

3. Pencahayaan dan pengudaraan alami

Menurut Ren, ini bagian penting dalam menciptakan ruang multifungsi. Pastikan pencahayaan dan pengudaraan alami yang cukup dalam ruang tersebut karena hal ini baik bagi kesehatan pengguna ruangan mengingat durasi penggunaan dalam ruang multifungsi ini bisa jadi lebih lama dibanding ruang-ruang lain.

4. Perawatan mudah

Pilih material dan perabotan yang mudah dalam perawatan termasuk pemilihan material penutup lantai dan dinding, mengingat kegiatan yang cukup beragam di ruang multifungsi. Salah satu caranya adalah dengan melapisi dinding menggunakan cat yang mudah dibersihkan.

5. Warna dalam ruangan

Warna sangat berpengaruh pada tampilan suatu ruangan di rumah minimalis. Pilihlah warna-warna natural, serta kombinasikan warna tersebut menjadi dua atau tiga warna dalam satu ruangan. Tema Brave Ground dari Trend Warna Dulux of The Year 2021 bisa dijadikan referensi untuk ruang multifungsi. Dengan pemilihan warna yang pas meskipun multifungsi namun ruangan akan terlihat seimbang dan terkoordinasi.



Simak Video "Rihanna Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional Barbados"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)