Ditemukan WC Kuno 2.700 Tahun di Israel, Cuma Crazy Rich yang Punya

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 07 Okt 2021 14:15 WIB
In this photo provided by Israel Antiquities Authority shows a rare ancient toilet in Jerusalem dating back more than 2,700 years Jerusalem, when private bathrooms were a luxury in the holy city, Tuesday, Oct. 5, 2021. The Israeli Antiquities Authority said on Tuesday that the smooth, carved limestone toilet was found in a rectangular cabin that was part of a sprawling mansion overlooking what is now the Old City. (Yoli Schwartz/Israel Antiquities Authority via AP) WC Kuno berusia 2.700 tahun yang ditemukan di Yerusalem. (Foto: AP/Yoli Schwartz)
Yerusalem -

Zaman dulu, toilet ternyata menentukan status kekayaan seseorang. Sebuah penemuan jamban kuno di Yerusalem menjadi buktinya.

Baru-baru ini, tim arkeolog Israel berhasil menemukan sebuah jamban atau WC (water closet) yang diyakini sebagai peninggalan peradaban yang hidup 2.700 tahun silam.

Dikabarkan Associated Press, Selasa (5/10/2021), pihak berwenang Israel yang khusus menangangi benda-benda bersejarah mengonfirmasi bahwa jamban tersebut ditemukan di dalam sebuah bilik berbentuk segi empat yang berada di reruntuhan hunian mewah. Lokasinya menghadap 'Old City', julukan untuk Yerusalem.

Jamban tersebut disebut memiliki desain yang nyaman untuk diduduki. Di bawahnya, terdapat sebuah tangki septik yang dalam.

"Toilet pribadi di dalam bilik termasuk peninggalan yang langka. Hanya sedikit yang ditemukan sampai saat ini," kata Yaakov Billig yang memimpin misi penggalian tersebut.

Fakta tersebut mengindikasikan bahwa hanya segelintir orang pada zaman itu yang memiliki jamban. "Cuma orang kaya yang bisa membelinya," tutur Yaakov.

Mengutip pernyataan seorang rabi terkenal, ia mengatakan bahwa orang yang pantas menyandang status kaya saat itu adalah mereka yang mempunyai "kloset di sebelah mejanya."

Jamban KunoJamban Kuno berusia 2.700 tahun yang ditemukan di Yerusalem. (Foto: Dok. antiquities.org.il)

Benda-benda yang ditemukan di dalam tangki septik turut memperkuat pernyataan sang rabi. Contohnya, tulang-tulang hewan dan peralatan makan.

Arkeolog juga menemukan pilar-pilar dari bangunan di masa tersebut serta tempat yang diyakini sebagai bekas sebuah taman anggrek, lengkap dengan air mancurnya. Ini sekaligus bukti bahwa mereka yang tinggal di kawasan tersebut adalah orang berpunya.



Simak Video "Selain Indonesia, Negara Ini Juga 'Skip' Miss Universe 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)