10 Inspirasi Desain Rumah Minimalis 2021 Agar Terlihat Luas dan Nyaman

Lukita Wardhani - wolipop Selasa, 28 Sep 2021 14:45 WIB
Inspirasi desain rumah minimalis 2021. Foto: Getty Images/iStockphoto/wuttichaijangrab Inspirasi desain rumah minimalis 2021. Foto: Getty Images/iStockphoto/wuttichaijangrab
Jakarta -

Tipe rumah minimalis saat ini memang sedang diminati oleh kaum milenial. Berikut inspirasi desain rumah minimalis 2021.

Pada masa sekarang ini rumah yang luas tanah dan bangunannya tidak terlalu besar atau apartemen dengan dua kamar menjadi pilihan anak muda. Selain harganya yang tidak semahal rumah besar, perawatannya pun lebih mudah.

Apakah kamu termasuk yang tinggal di rumah minimalis atau berencana membelinya? Tinggal di rumah minimalis perlu trik agar hunian terlihat lebih luas dan nyaman.

Berikut inspirasi desain rumah minimalis 2021 agar nyaman:

1. Pikirkan Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan yang terbatas adalah salah satu tantangan terbesar di sebuah rumah kecil. Menata ruang tamu sambil tetap menemukan tempat untuk menyimpan segala sesuatu tanpa berantakan, bisa jadi sulit.

Bedroom interior, wooden bed at modern room. Furniture design with open wood drawer, white pillow decoration object in box. Brown comfortable storage for bedding cushion.Desain rumah minimalis 2021. Foto: Getty Images/iStockphoto/brizmaker

Inilah mengapa disarankan untuk menggunakan solusi penyimpanan tersembunyi atau gantung. Kamu bisa membuat ruang penyimpanan di bawah tempat tidur atau di bawah meja dengan laci atau lemari yang dapat ditarik keluar. Kamu juga dapat membuat ruang penyimpanan dekorasi DIY yang indah untuk digantung dari langit-langit rendah atau tinggi. Cara-cara ini tidak hanya memberi ruang penyimpanan ekstra tetapi dengan pilihan dan desain rumah yang tepat, benar-benar dapat menambah kekuatan dan karakter ke rumah mungil kamu.


2. Menggunakan Furnitur Lipat

Ide desain rumah minimalis 2021 berikutnya adalah menambahkan banyak ruang ke desain rumah kecil dengan memilih furnitur dan perlengkapan yang dapat dilipat atau ditumpuk saat tidak digunakan. Trik ini sangat bagus untuk barang-barang furnitur seperti set meja makan dan tempat tidur, yang sering tidak banyak digunakan di siang hari.

Seperti dikutip dari foyr, ada banyak pilihan yang tersedia untuk furnitur lipat, termasuk tempat tidur yang dapat dilipat menjadi lemari, dapur yang dapat diperluas dan diciutkan, dan bahkan meja yang dapat dipasang ke dinding dan ditarik keluar sesuai kebutuhan.

3. Memasang Furnitur dan Peralatan Serbaguna

Inspirasi desain rumah minimalis sederhana berikutnya coba pilih furnitur yang bisa dipasang di area lain di rumah. Misalnya, solusi penataan yang sangat baik untuk ruang makan kecil mungkin dengan menambahkan meja makan yang dapat berfungsi ganda sebagai meja belajar, atau sudut baca. Atau mungkin sofa daybed di ruang tamu kecil yang bisa berfungsi ganda sebagai ruang tamu dengan beberapa sekat atau pembatas ruangan untuk tamu yang datang mendadak.

4. Memasang Cermin di Posisi Strategis

Bedroom interior, wooden bed at modern room. Furniture design with open wood drawer, white pillow decoration object in box. Brown comfortable storage for bedding cushion.Ide desain rumah minimalis 2021. Foto: Getty Images/iStockphoto/brizmaker

Tahukah kamu bahwa menempatkan cermin di tempat-tempat strategis dapat membuat rumah kecil terlihat jauh lebih besar? Fenomena ini didasarkan pada kualitas bias cahaya di cermin. Yang perlu kamu lakukan adalah membuka jendela besar untuk membiarkan cahaya alami masuk ke rumah dan menempatkan cermin atau dekorasi kaca dan perabotan untuk memantulkan cahaya.

Cara ini juga berfungsi di malam hari bahkan saat kamu menggunakan lampu LED. Cermin memantulkan cahaya dan menciptakan ilusi ruangan besar meskipun luasnya terbatas. Kamu juga bisa meletakkan furnitur di dekat cermin di dinding untuk menciptakan ilusi jarak.

5. Gunakan Furnitur yang Dipasang di Dinding

Tips ini adalah salah satu favorit yang selalu dibagikan dalam ide desain rumah minimalis. Seringkali apartemen studio atau rumah mungil akan menampilkan beberapa takik dan dudukan yang bisa ditarik. Jika kamu dapat menemukannya, kamu bisa memeriksa ruang dan memasang beberapa opsi perabotan inovatif. Jika tidak tersedia, buat saja beberapa takik dan gunakan dinding untuk mendukung ide desain kamu.

Bisa dengan menambahkan meja baca yang dipasang di dinding yang kemudian bisa mundurkan ke dinding dengan pengait. Bahkan dapat menambahkan cermin di bagian bawah untuk menghemat ruang dan merevitalisasi perabot bahkan saat tidak digunakan. Demikian pula, dengan tempat tidur yang dipasang di dinding, ruang penyimpanan, dll.

Di rumah kecil atau apartemen studio, yang terbaik adalah menyimpan perabot yang menempel di dinding sehingga memiliki lebih banyak ruang lantai di sekitar rumah. Hal ini meningkatkan fungsionalitas sekaligus menambahkan sentuhan desain rumah modern.

Ide desain rumah minimalis 2021 dengan pintu geser...KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Minta Maaf, Olvah Alhamid Ngaku Juga Sering Dapat Perlakuan Rasis"
[Gambas:Video 20detik]