Mewahnya Rumah Eks Wapres Afghanistan yang Dibajak Taliban, Ada Jacuzzi

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 21 Sep 2021 13:15 WIB
Bagian depan rumah eks wapres Afghanistan Abdul Rashid Dostum yang kini diduduki Taliban. (Foto: AFP/WAKIL KOHSAR) Bagian depan rumah eks wapres Afghanistan Abdul Rashid Dostum yang kini diduduki Taliban. (Foto: AFP/WAKIL KOHSAR)
Kabul -

Sejak kembali menguasai Kabul, Afghanistan, pasukan Taliban mengambil alih semua fasilitas negara tanpa terkecuali Istana Kepresidenan. Tak hanya itu, mereka juga menempati sebuah rumah mewah bekas Wapres Abdul Rashid Dostum.

Sebuah video di YouTube New York Times memperlihatkan betapa mewahnya rumah yang pernah dihuni oleh panglima perang Afghanistan yang disebut-sebut sebagai musuh bebuyutan Taliban tersebut.

"Menurut saya, dia (Dostum) adalah iblis karena membangun rumah mewah ini dari darah orang-orang Afghanistan. Saat banyak orang tidak bisa makan, dia malah membangun istana," kata Jawad Abuzar, salah seorang pejuang Taliban, di video itu.

Di bagian dalam rumah, terdapat semacam taman besar yang penuh tumbuhan tropis dengan langit-langit kaca yang dihiasi berbagai lampu kristal gantung. Bagian tengahnya diisi sofa dan meja untuk bersantai.

In this picture taken on September 11, 2021, Taliban fighters sit inside the home of the Afghan warlord Abdul Rashid Dostum in the Sherpur neighborhood of Kabul. - Taliban fighters have taken over the glitzy Kabul mansion of one of their fiercest enemies -- the warlord and fugitive ex-vice president Dostum. (Photo by Wakil KOHSAR / AFP) / TO GO WITH 'Afghanistan-Conflict-Dostum', SCENE by Emmanuel DUPARCQTaman tropis di dalam rumah eks wapres Afghanistan Abdul Rashid Dostum. (Foto: AFP/WAKIL KOHSAR)

Berbagai lukisan berukuran besar yang didominasi gambar pemandangan dan kuda-kuda yang menghiasi hampir di setiap sudut rumah semakin mempertegas kemewahan rumah tersebut.

Jawad lalu menunjukkan berbagai fasilitas rumah yang seperti hotel bintang lima itu. Mulai dari sebuah ruangan untuk bermain biliar, bar lengkap dengan gelas wine, hingga kolam renang indoor, sauna dan jacuzzi. Tidak ketinggalan area mini gym yang dilengkapi berbagai peralatan olahraga.

"Meski saya tinggal di kota, saya belum pernah melihat tempat seperti ini," katanya saat menyambangi kamar mandi uap.

Rumah Eks Wapres Afghanistan Abdul Rashid DostumKolam renang indoor di rumah eks wapres Afghanistan Abdul Rashid Dostum. (Foto: YouTube/New York Times)

Selanjutnya
Halaman
1 2