Viral Tanaman Hias Monstera dari Tawangmangu Dibeli Emak-emak Rp 225 Juta

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 16 Sep 2021 18:06 WIB
Foto emak-emak viral yang membeli tanaman hias Rp 200 juta. Viral emak-emak membeli tanaman hias monstera Rp 225 juta di Tawangmangu. Foto: Dok. Pribadi Kiplivariasi.
Tawangmangu -

Beredar di media sosial aksi emak-emak membeli tanaman hias jenis monstera king variegata raksasa dari Tawangmangu dengan harga Rp 225 juta. Video tersebut langsung viral menjadi perbincangan netizen.

Berawal dari akun TikTok @kipllivariasi yang membagikan emak-emak sedang transaksi tanaman hias monstera king variegata. Tanaman tersebut harganya meroket di pasaran, bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Dalam video terlihat, seorang wanita membeli tanaman langka tersebut dari petani tanaman hias di kawasan Nglurah Mogol, Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. Daerah tersebut terkenal sebagai kawasan agrowisata tanaman hias selain kesejukan dan keasrian alam di kaki Gunung Lawu dan air terjun Grojogan Sewu.

"The Monstera seharga Rp 225 juta. Nglurah tawangmangu niec gais yg lagi viral," tulis akun @kipllivariasi.

@kipllivariasi

Balas @shinung09 klau tidak percaya buktikan saja monggo

♬ suara asli - KTK1💞@Kipllivariasi


Video kemudian memperlihatkan setelah transaksi, wanita itu mendapatkan tambahan tanaman hias gratis yaitu jenis merpati dan sirih manjula besar dari sang penjual di Tawangmangu. Hingga Kamis (16/9/2021) video tersebut sudah ditonton lebih dari 834 ribu Likes, mendapat 19 ribu Likes dan 591 komentar. Warganet memberikan tanggapan beragam, ada yang takjub dengan harga tanaman hias tersebut dan berkomentar soal kwitansi.

"Cuma kwitansi gak ada uangnya," ujar akun @oyi.coy.

"Ratusan juta kok kwitansi nggak pakai materai," ucap akun @anggoro.

"Percaya aku gak gampang ngerawat tanaman mahal langka itu sampai sebesar dan sesubur itu," tutur pengguna TikTok @cacadiva.

"Wajarlah mahal monstera king jenis varigata dan sudah besar lagi. Itu lama banget prosesnya baru bisa besar kek gitu," saut akun @Harapan.

"Ratusan juta buat beli tanaman hias aja,mending di sumbangin buat bangun masjid mba. Bila berkah Insya Allah jadi tabungan akhirat nanti. Sekedar saran," timpal @matalebah5.

"Rp 225 juta kalau aku mending invest beli mas antam," saran akun @Nurqueen.

Foto emak-emak viral yang membeli tanaman hias Rp 200 juta.Foto emak-emak viral yang membeli tanaman hias Rp 200 juta. Foto: Dok. Pribadi Kiplivariasi.


Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah mengonfirmasi kepada Mulyono, yang mengunggah video viral tersebut di TikTok. Ia menuturkan jika di Tawangmangu (tempat tinggalnya), heboh kabar emak-emak membeli tanaman hias Rp 225 juta.

"Teman aku bilang itu yang monstera harga Rp 225 juta. Awalnya juga tidak percaya akhirnya semua video transaksi di lokasi dikirim ke aku dan aku tanya pemiliknya Rumah Mogol Tawangmangu ya sudah abis itu aku unggah ke TikTok, eh malah viral," ungkap Mulyono kepada Wolipop, Kamis (16/9/2021).

Menurut Mulyono, video transaksi tanaman hias seharga mobil tersebut berada di kediaman bapak Sur desa Mogol, Nglurah Tawangmangu. Sur merupakan pejual tanaman hias. Ia pun heran harga tanaman hias monstera king variegata yang mencapai ratusan juta.

"Saya benar-benar nggak tahu, cuma heran aja kok harganya sampai segitu mahalnya Rp 225 juta. Yang membeli adalah ibu Sri dari Solo, Mojosongo," kata Mulyono.

Sebelum dibeli oleh ibu Sri, tanaman hias tersebut sudah ditawar oleh beberapa orang. Namun tidak dilepas oleh penjual tersebut.

"Dia (ibu Sri) kan pemain bunga kan sudah lama. Karena langka yang segede itu. Dan juga banyak yang nawar nggak cuma ibu Sri, mulai dari Rp 100 juta, Rp 150 juta dan ada tetangga yang nawar sampai Rp 170 juta belum lepas," tutupnya dengan ramah. Hingga akhirnya tanaman hias mosntera dari Tawangmangu itu dijual dengan harga Rp 225 juta.

(gaf/eny)