Mau Punya Perpustakaan Mini di Rumah? Perhatikan Dulu 3 Hal Ini

Jihaan Khoirunnisaa - wolipop Selasa, 14 Sep 2021 22:31 WIB
Ada ribuan judul koleksi buku yang tersimpan Foto: detik
Jakarta -

Perpustakaan merupakan salah satu tempat untuk menghabiskan waktu bagi pencinta buku. Demi membawa sensasi membaca layaknya di perpustakaan, beberapa orang memilih untuk mendirikan perpustakaan di rumah.

Namun, bagaimana dengan rumah yang memiliki keterbatasan ruang? Jangan khawatir sebab Anda tetap bisa memanfaatkan ruangan yang ada untuk dialihfungsikan sebagai perpustakaan mini.

Tertarik untuk membuat perpustakaan di rumah? Ini dia hal-hal yang perlu dipertimbangkan.

Tempat Duduk

Pilihan tempat duduk bergantung pada seberapa luas ruangan yang dimiliki. Anda juga perlu mempertimbangkan gaya membaca serta tidak ketinggalan material kursinya. Sebab apabila tempat duduk tidak nyaman maka kegiatan membaca buku jadi tidak mengasyikkan.

Jika Anda nyaman duduk lama sambil membaca buku, maka sofa jadi pilihan yang pas. Terutama jika memiliki buah hati di rumah. Atau bisa juga memilih sofa daybed yang bisa dipakai jika ingin tidur dan bersantai di siang hari. Selain itu, Anda bisa pertimbangkan kursi ottoman serta sandaran kaki apabila tidak memiliki banyak ruang di rumah.

Penerangan

Setiap ruangan sebaiknya memiliki sumber pencahayaan yang cukup, tidak terkecuali perpustakaan. Pasalnya jika hanya mengandalkan lampu yang ada di atas kepala, tentu akan membuat mata sakit.

Anda bisa tambahkan lampu ekstra berupa lampu lantai atau meja yang memiliki saklar dua atau tiga arah.

Sementara untuk fungsi yang lebih banyak coba pertimbangkan lampu lantai dengan beberapa lengan yang dapat disesuaikan atau variasi pada lampu klasik.

Meja dan Rak Buku

Tempat duduk dan penerangan memang menjadi hal penting untuk perpustakaan. Namun, jangan sampai Anda melewatkan 2 hal ini, yaitu meja dan rak buku.

Meja yang diletakkan di samping kursi tentu akan mempermudah Anda untuk meletakkan makanan dan minuman. Membaca jadi lebih asyik karena bisa sambil ngemil. Rak buku juga bisa Anda tambahkan apabila masih memiliki ekstra ruangan di rumah. Selain untuk menyimpan buku, rak juga bisa difungsikan sebagai pembatas ruangan sekaligus dapat membantu meredam suara, lho.

Itulah beberapa hal yang harus kalian perhatikan dalam membuat perpustakaan dalam rumah. Anda bisa mendapatkan kebutuhan perpustakaan Anda di Ruparupa. Ruparupa menyediakan furniture dan home living termasuk kitchen set serta perkakas yang lengkap. Yuk, wujudkan perpustakaan impian Anda bersama Ruparupa!



Simak Video "Penampilan Kanye West Pakai Masker Tutupi Wajah Bikin Heboh"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/prf)