4 Tanaman Hias yang Mengharumkan Ruangan Secara Alami

Hestianingsih - wolipop Minggu, 09 Mei 2021 15:30 WIB
More Photos like this here... Foto: Getty Images/iStockphoto/FollowTheFlow
Jakarta -

Beberapa jenis tanaman hias tidak hanya bisa mempercantik rumah tapi juga membuat ruangan lebih wangi. Jika kamu ingin pengharun ruangan alami maka menempatkan tanaman hias bisa jadi pilihan.

Lebih menguntungkannya lagi, kamu tidak perlu mengeluarkan bujet lebih untuk membeli lilin aromaterapi, diffuser atau pengharum ruangan semprot sintetis. Ini empat pilihan tanaman hias yang bisa mengharumkan ruangan, seperti dikutip dari Brightside.

1. Geranium

More Photos like this here...Geranium. Foto: dok. Istock

Geranium memiliki daun yang menebarkan aroma mirip citrus. Tanaman ini akan menebarkan aroma khas seperti lemon ketika daunnya disentuh.

Uniknya lagi, beberapa varian geranium memiliki aroma yang berbeda-beda. Selain lemon, ada tanaman geranium beraroma mirip cokelat, mawar, jahe, dan sebagainya.

Agar geranium sehat dan tak mudah rusak, perlu mendapatkan cukup banyak cahaya dan media tanah yang lembap. Maka dari itu sebaiknya tempatkan geranium di teras, halaman atau di dalam ruangan dekat jendela.

2. Melati

Close up of jasmine flowersMelati. Foto: dok. Istock

Tanaman hias dengan nama latin Jasmine ini punya aroma manis yang semerbak. Bunga melati biasanya mengeluarkan aroma lebih kuat di malam hari dan meninggalkan wangi lembut di pagi atau siang harinya.

Melati akan tumbuh lebih cepat jika sering mendapat sinar matahari. Jadi sebaiknya sering-sering dibawa ke luar ruangan atau tempatkan di ruangan yang cukup cahaya.

3. Gardenia

The Big White Gardenia Flower Blooming in Dark BackgroundGardenia. Foto: dok. Istock

Gardenia merupakan salah satu tanaman yang dikenal paling harum dengan aroma bunga khas. Oleh karena itu Gardenia jadi tanaman yang difavoritkan banyak pencinta tumbuhan. Tanaman dengan kelopak warna putih ini menebarkan aroma bunga yang manis.

Selain keharumannya, Gardenia disukai juga karena bentuknya yang cantik. Namun perawatannya sedikit sulit. Gardenia harus ditaruh di tempat yang kelembapannya sedang, dengan suhu sejuk, tapi mendapat banyak cahaya.

4. Lavender

Lavendel Topfpflanze auf Holztisch vor wei├čem HintergrundLavender. Foto: dok. Istock

Lavender sebenarnya tidak umum dijadikan tanaman hias dalam rumah, tapi bukan berarti tidak bisa. Selain itu Lavender memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Bunga berwarna ungu ini memiliki keharuman yang menimbulkan efek relaksasi sehingga membantu mengurangi stres. Perawatan Lavender memerlukan banyak cahaya dan air yang cukup.

(hst/hst)