5 Tips Dekorasi Rumah untuk Lebaran Virtual, Murah dan Praktis

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 06 Mei 2021 12:45 WIB
Dekoruma Tokopedia Tips mendekorasi rumah untuk Lebaran virtual. (Foto: Dok. dekoruma)
Jakarta -

Meski Lebaran tahun ini masih dibayangi pandemi COVID-19, kita tetap bisa merayakannya bersama keluarga dan kerabat tercinta secara virtual. Untuk menyempurnakan momen silaturahmi online, tak ada salahnya Anda mengubah tampilan interior rumah. Apa saja tips mendekorasi rumah untuk Lebaran virtual?

Menurut Interior Communication Manager Dekoruma Kania Bunga Wraspati, menata ulang rumah senada dengan semangat Ramadan itu sendiri. "Tidak cuma hati, tapi rumah juga harus bersih," katanya dalam jumpa media yang digelar secara virtual oleh Tokopedia, Senin (26/4/2021).

Ia juga mengatakan, manfaat mendekorasi rumah tak sekadar mempercantik estetika ruangan untuk silaturahmi virtual saja. "Tentunya ruangan yang enak dipandang bisa juga mengurangi stres, menghadirkan aura positif dan meningkatkan fokus saat belajar," tambah Kania.

Nah, sudah siap mendekorasi ulang rumah untuk Lebaran virtual? Berikut tipsnya:

1. Decluttering

Dekoruma Tokopedia Foto: dok. dekoruma

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah decluttering atau memilah barang yang sudah tak terpakai, dimulai dari kamar tidur, kamar mandi, dapur lalu ruang tamu. "Untuk mempermudah, kategorikan barang-barang tersebut ke dalam beberapa kotak terpisah. Ada kotak untuk barang yang masih ingin disimpan, dijual, didonasikan atau dibuang," terang Kania.


2. Pilih Ruang Favorit

Dekoruma Tokopedia Foto: dok. dekoruma

Langkah berikutnya, pilih ruangan sebagai center point silaturahmi virtual Anda di rumah. Kania menyarankan, prioritaskan area yang luas seperti ruang keluarga atau ruang makan agar dapat memuat seluruh anggota keluarga. "Pastikan pula ruangan tersebut memiliki pencahayaan yang baik, alami lebih bagus, dan memiliki colokan listrik yang memadai," tambahnya.


3. Ubah Tata Letak Furnitur

Dekoruma Tokopedia Foto: dok. dekoruma

"Salah satu cara paling mudah dan tidak ada cost adalah mengubah layout ruangan," kata Kania. Misal Anda bisa memindahkan sofa ke posisi tertentu sehingga membuat ruangan terasa lebih luas. Kania mengingatkan, jangan asal memindahkan barang agar tak merusak lantai rumah.

4. Ganti cat rumah

Dekoruma TokopediaFoto: dok. dekoruma

Bila punya bujet untuk membeli cat, maka tak ada salahnya untuk mengganti warna cat rumah. Cukup aplikasikan warna pada satu sisi dinding. "Pilih analogous color, yaitu warna yang berdekatan dalam lingkaran warna di ruangan tersebut agar terasa selaras," saran Kania. Efek yang berbeda juga bisa didapatkan dengan permainan motif pada dinding.


5. Tambahkan aksesori rumah

Dekoruma Tokopedia Foto: dok. dekoruma

Berikutnya untuk tips dekorasi rumah untuk Lebaran, Anda bisa menghadirkan suasana yang berbeda dengan mengganti warna bantal sofa dan pernak-pernik rumah. Memajang hampers Lebaran dari kerabat atau menaruh vas bunga di sudut atau tengah ruangan juga bisa menjadi opsi. "Kalau saya biasanya beli bunga sedap malam untuk dekorasi Lebaran," kata Kania.



Simak Video "Tumbuh Pesat, Fashion Muslim Berpotensi Tinggi di Pasar Online"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)