Lebaran 2021, Bikin Rumah Cantik dengan 5 Tanaman Hias Bunga Ini

Tim Haibunda - wolipop Selasa, 04 Mei 2021 21:00 WIB
plant of flowering white liliesplant of flowering white lilies Tanaman hias bunga untuk dekorasi rumah di Lebaran 2021. Foto: Getty Images/iStockphoto/Elen11
Jakarta -

Mau menghias rumah untuk Lebaran 2021? Meskipun Idul Fitri kali ini masih akan dihabiskan di rumah saja, bukan berarti kamu tak bisa mempercantik rumah. Lima tanaman hias bunga ini bisa jadi pilihan untuk memperindah rumah.

Biasanya, bunga yang dijadikan hiasan khas Lebaran adalah bunga Sedap Malam. Bunga Sedap Malam atau Polianthes Tuberosa merupakan tanaman hijau abadi dari suku asmat. Tanaman hias ini juga banyak ditemukan di Meksiko.

Wangi bunga Sedap Malam menjadikannya dekorasi favorit saat Lebaran tiba. Selain Sedap Malam, tanaman hias bunga lainnya juga bisa kamu pilih untuk dekorasi Lebaran.

Seperti dikutip dari Better Homes and Gardens, berikut lima tanaman hias bunga yang bisa jadi pilihan untuk mempercantik rumah saat Lebaran 2021:

1. Bunga Amarilis

Tanaman hias bungaTanaman hias bunga Amarilis Foto: Dok. iStock

Amarilis (Amaryllis spp.) adalah tanaman hias yang populer karena kecantikan mahkota bunganya yang besar dan sangat menarik perhatian. Tanaman ini hadir dalam berbagai varian warna, seperti putih, merah, koral, merah anggur, dan merah muda.

Amarilis biasa dijumpai di pekarangan ataupun ditanam dalam pot. Tangkainya yang panjang juga sangat cocok dijadikan sebagai bunga potong.

Jika kamu menanamnya dalam pot polos, bisa pindahkan tanaman bunga Amarilis ke dalam wadah dekoratif. Atau kamu bisa jadikan bunga potong bertangkai panjang, lalu masukkan ke dalam pot berisi air, sehingga tanaman amarilis akan tampil megah mendekorasi ruang acara.

2. Kastuba (Poinsettia)

Christmas PoinsettiaTanaman hias bunga Kastuba Foto: Dok. iStock

Poinsettia atau Euphorbia pulcherrima alias kastuba merah adalah tanaman pot berwarna-warni dengan beraneka varietas warna daun. Namun, yang paling popular adalah kastuba yang berwarna merah menyala.

Tanaman hias bunga ini tumbuh baik bila diletakkan pada lokasi dengan sinar matahari tidak langsung yang cerah, suhu semi-sejuk, dan kelembapan sedang.

3. Kalanchoe

Beautiful Kalanchoe Calandiva flowers on window sillTanaman hias bunga Kalanchoe Foto: Dok. iStock

Kalanchoe adalah tanaman sukulen berdaun tebal yang berasal dari bahasa China yaitu "Kalanchauhuy" yang artinya 'Buddhist temple herb'. Kalanchoe terkenal karena mudah tumbuh dan tidak memerlukan banyak penyiraman.

Selain itu, tanaman hias bunga ini menyukai cahaya terang, tetapi bukan sinar matahari langsung. Jadi, kamu bisa menempatkan tanaman hias ini di ruang tamu.

Tidak hanya bunganya, kalanchoe juga memiliki daun yang tidak kalah menarik. Belum ada tanaman hias kalanchoe yang tidak berbunga jika dilakukan dengan perawatan yang tepat, semuanya menghasilkan biji sehingga dikenal pula sebagai 'Mother of Thousands'.

Apalagi tanaman hias bunga yang bisa menjadi inspirasi dekorasi rumah untuk Lebaran 2021? KLIK DI SINI untuk meneruskan membaca.



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)