Ini Perbedaan Diffuser, Humidifier, dan Purifier, Jangan Salah Lagi!

Lukita Wardani - wolipop Selasa, 23 Feb 2021 17:41 WIB
Woman Enjoying Aroma Therapy Steam Scent from Home Essential Oil Diffuser or Air Humidifier. Ultrasonic technology, increasing air humidity indoors for more comfortable living conditions Perbedaan diffuser, humidifier dan purifier. Foto: Getty Images/iStockphoto/microgen
Jakarta -

Melakukan perawatan udara merupakan cara terbaik untuk memastikan kamu dan keluarga mendapatkan kualitas udara terbaik di rumah. Apalagi di masa pandemi Corona ini, udara bersih yang bebas dari bakteri dan kuman semakin banyak dicari.

Alat-alat yang bisa membersihkan udara seperti diffuser, humidifier dan purifier pun banyak dilirik. Namun tahukah kamu perbedaan dan fungsi antara diffuser, humidifier dan purifier?

Berikut penjelasan perbedaan diffuser, humidifier dan purifier:

Diffuser

Diffuser dikenal dapat menyegarkan aroma ruangan. Seperti dikutip dari, anokhilife, perangkat ini menggunakan minyak esensial dan mengeluarkan uap lembut yang menyelimuti ruangan dengan aroma ringan.

Manfaat dari diffuser ini tergantung dari minyak aromaterapi yang kamu gunakan. Minyak aromaterapi sendiri hadir dalam berbagai manfaat mulai dari untuk mengatasi flu hingga membantu tidur lebih nyenyak.

Aromatherapy essential oil diffuser with purple light and oil bottlesPerbedaan diffuser, humidifier dan purifier. Foto: Istock

Manfaat diffuser bagi pengguna salah satunya juga untuk meningkatkan suasana hati. Uap halus yang keluar dari diffuser dapat diserap oleh kulit dan memberikan efek relaksasi atau stimulasi. Karenanya, diffuser berguna jika kamu yang memiliki kulit kering. Uap dingin dari diffusers juga membuat pernapasan lebih mudah, sehingga dapat membantu mengurangi dengkuran.

Humidifier

Humidifier adalah alat yang bisa menambah kelembaban pada udara dan dapat membantu mengatasi udara kering yang dapat memengaruhi hidung, mulut, dan tenggorokan. Perbedaan utama antara humidifier dan diffuser adalah humidifier tidak dibuat untuk digunakan dengan minyak esensial. Minyak dapat merusak bagian dalam pelembab udara di humidifier.

Kamu juga harus berhati-hati menempatkan humidifier. Hindari peletakan di atas furniture kayu. Jadi baca instruksinya dengan cermat.

The white humidifier moistens dry air. Improving the comfort of living in the home, apartment. Improving the well-being of people.Perbedaan diffuser, humidifier dan purifier. Foto: Istock

Humidifier ada yang hadir dalam dua jenis yaitu kabut dingin dan kabut hangat. Perbedaan terbesar kedua jenis humidifier itu adalah pelembab kabut hangat memanaskan air terlebih dahulu, sehingga mengeluarkan kabut lembut dan hangat. Tetapi beberapa pelembap kabut hangat berisiko membuat terbakar karena perangkat tersebut menyertakan komponen pemanas. Kedua jenis humidifier ini efektif melembabkan udara kering.

Udara kering dapat menyebabkan masalah seperti kulit kering, masalah bakteri dan virus, bahkan sulit tidur. Kabut yang dikeluarkan oleh humidifier meredakan masalah sinus, sakit tenggorokan, batuk kering, dan kulit kering. Ini juga sangat membantu bagi mereka yang menderita asma dan alergi.

Purifier

Purifier atau pembersih udara digunakan untuk menghilangkan polutan dan mikroorganisme lain dari udara. Udara lebih bersih dengan bantuan purifier karena menghilangkan iritasi seperti bulu, alergen, debu, jamur, asap rokok, dan bau.

Air purifier in cozy white bed room for filter and cleaning removing dust PM2.5 HEPA in home,for fresh air and healthy life,Air Pollution ConceptPerbedaan diffuser, humidifier dan purifier. Foto: Istock

Perangkat ini sangat membantu bagi mereka yang menderita asma, alergi, atau kondisi pernapasan lainnya yang diperburuk oleh partikel udara. Pembersih udara atau purifier biasanya menggunakan filter udara partikulat efisiensi tinggi (HEPA). Ini adalah jenis filter yang memurnikan udara dengan menjebak partikel. Filter HEPA menghilangkan sekitar 99,9% partikel debu dan kotoran dari udara. Mungkin sulit untuk memilih perangkat mana yang bekerja paling baik untuk kebutuhan kamu tetapi semoga panduan cepat ini membantu membedakan satu dari yang lain.

Nah itulah tadi perbedaan diffuser, humidifier dan purifier. Sebelum membeli salah satunya kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan terlebih dahulu. Sehingga bisa memaksimalkan pemanfaatan dan berguna bagi keluarga kamu.



Simak Video "Kate Middleton Ungkap Keinginan Bertemu Putri Meghan Markle"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)