Tanaman Hias Monstera Lagi Hits, Ini Harga dan Cara Perawatannya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 08 Des 2020 19:00 WIB
Tanaman hias Monstera yang mempunyai daya tarik. Foto: Instagram @mira_medya. Tanaman hias Monstera yang mempunyai daya tarik. Foto: Instagram @mira_medya.

Perawatan Monstera

Tanaman hias monsteraTanaman hias monstera yang daunnya membelah secara alami. Foto: Instagram @mira_medya.

Merawat monstera tidaklah sulit, cukup tempatkan di area yang tidak terlalu terkena sinar matahari namun cukup terang. Kata Mira, sinar matahari pagi adalah yang terbaik untuk tanaman hias Monstera.

"Jadi cek area yang akan digunakan untuk menaruh Monsteranya. Pastikan cukup asupan sinar matahari pagi dan siram 2 - 3 hari saja atau pada saat media tanam terasa kering," saran Mira sang kolektor tanaman hias.

Mira menyarankan apabila kamu meletakkan Monstera di area yang tidak terlalu kena sinar matahari pagi, rutinlah menjemur tanaman tersebut. Siapkan ekstra tenaga dan waktu untuk menjemurnya.

Sedangkan untuk mennaam Monstera, media tanam yang digunakan haruslah porous sehingga tidak menyimpan air. Pemupukan juga berguna untuk kelangsungan pertumbuhannya. Pilihlah pupuk yang organik dan ramah lingkungan dengan dosis rendah.

Membasmi Hama Pada Monstera

Tanaman hias monsteraTanaman hias monstera yang mempunyai daun yang unik. Foto: Instagram @mira_medya.

Hama yang paling sering ada di tanaman Monstera adalah jenis scale atau kutu sisik. Kutu sisik ini biasanya menempel lekat ke tulang daun dan Monstera sehingga perlu kesabaran untuk menghilangkannya. Cara membasmi hama kutu ini yang dilakukan Mira adalah dengan menggosok daun secara perlahan dan hati-hati agar tidak robek.

Mira biasanya juga menggunakan obat anti hama yaitu Demolish dengan takaran rendah. Dia mencampurkan 5 ml Demolish dengan 1 liter air. Campuran itu digosok pada daun yang terkena hama, dengan menggunakan sponge atau sikat gigi berbulu halus. Agar hama tidak kembali, Mira menyarankan lakukan perawatan rutin menyemprotkan Demolish setiap duaminggu sekali, bergantian dengan pupuk lainnya.

Itulah berbagai hal mengenai tanaman hias Monstera. Buat kamu para pecinta tanaman hias semoga informasi soal Monstera ini bermanfaat ya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(gaf/eny)