Liputan Khusus Tanaman Hias Mahal

Kenalan dengan Dharma Jungle, Selebgram Tanaman Hias dengan Koleksi Sultan

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 29 Nov 2020 15:30 WIB
Foto: Instagram @dharmajungle Foto: Instagram @dharmajungle
Jakarta -

Akun Instagram @dharmajungle populer di kalangan pecinta tanaman hias. Melongok feed Instagramnya, Dharma Jungle memiliki aneka tanaman hias yang harganya tidaklah murah alias berharga sultan. Ini kisahnya.

Adalah Dirga pemilik akun Instagram @dharmajungle yang mulai mengoleksi tanaman hias di rumahnya sendiri di Bandung sejak 2017. Dia baru mulai aktif di Instagram dengan mengunggah foto-foto tanaman hiasnya pada 2018. Saat ini followers Instagram @dharmajungle sudah lebih dari 33 ribu.

Dirga pun menuturkan arti Dharma Jungle di akunnya bukan nama aslinya. Selama ini pengikut di Instagramnya salah mengira pemilik akun Instagram @dharmajungle bernama Dharma.

"Banyak yang nyangka kalau Dharma itu nama asli saya, padahal bukan. Nama Dharma itu dikaitkan dengan kebaikan, memelihara, dan menjaga. Jadi saya suka banget dengan filosifi bahwa alam, tanaman, hutan jika dipelihara dengan kebaikan pasti akan memberi kebaikan juga untuk umat manusia," jelas Dirga saat diwawancara Wolipop, Kamis (26/11/2020).

Dirga kolektor tanaman hias sultanDirga kolektor tanaman hias pemilik akun Instagram @dharmajungle. Foto: Instagram @dharmajungle

Pria yangi tinggal di Bandung, Jawa Barat itu mengungkapkan perkenalannya pertama kali dengan tanaman hias. Awalnya pada 2017 ketika dia sudah memiliki rumah sendiri. Dia merasa lebih leluasa untuk menata rumahnya sehingga memutuskan menghasi huniannya itu dengan tanaman agar asri.

Tanaman hias yang pertama kali Dirga punya adalah kuping gajah atau bahasa latinnya Anthurium Magnificum karena karakter daunnya yang hijau dan besar. Tak terasa, kini Dirga sudah mempunyai lebih dari 100 jenis tanaman hias.

"Jumlah 100++ tanaman, pokoknya udah nggak kehitung, kalau kalian masih bisa mengitung tanaman di rumah kalian berarti masih kurang tuh tanamannya," candanya sambil tertawa.

Dirga kolektor tanaman hias sultanDirga kolektor tanaman hias pemilik akun Instagram @dharmajungle. Foto: Instagram @dharmajungle

Saking banyaknya tanaman hias di rumah Dirga, huniannya pun sangat rimbun. Sampai-sampai keluarganya menyebut rumahnya mirip hutan.

"Rumah saya dibilang mirip hutan Jumanji, tapi seiring waktu mereka fine-fine aja. Malah sekarang keluarga banyak yang sengaja datang ke rumah buat minta potekan tanaman," ujarnya.

Memelihara ratusan tanaman hias, Dirga merasakan banyak manfaat. Yang dirasakannya di antaranya bisa meredakan stres dan melatih kesabaran.

"Kita juga secara tidak langsung diajarkan untuk bersabar, diajarkan untuk ikhlas, diajarkan untuk lebih menghargai alam dan hubungan interaksinya dengan manusia. Selain itu yang pasti bangun jadi lebih pagi, rumah jadi lebih segar, lebih sejuk, dan hati pun lebih damai. Pokoknya therapeutic banget deh," lanjut Dirga.

Apa saja koleksi tanaman hias @dharmajungle yang harganya selangit? Klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2