ADVERTISEMENT

Mengenal Caladium dan Philodendron, Tanaman Hias Viral Ditukar Avanza

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 19 Nov 2020 15:45 WIB
Caladium Ace of Heart Jenis Caladium Ace of Heart. Foto: Dok. Instagram @airy_garden_official.
Jakarta -

Belum lama ini beredar di media sosial, kisah seorang pria yang rela menukarkan mobil pribadi miliknya jenis Avanza demi tanaman hias. Kisah viral itu berawal dari postingan akun Instagram @medsoskediri, yang mengunggah seorang pria tampak bersalaman sambil memegang tanaman hias.

Menurut akun Facebook Milano Arshavin Reborn yang merekam vide tersebut, tanaman yang dibali oleh temannya adalah tanaman hias jenis Philodendron dan Caladium. Apa itu tanaman Philodendron dan Caladium, sehingga seseorang rela menukarkan mobilnya demi mendapatkan tanaman hias tersebut.

Wolipop mewawancarai Ekawati penjual tanaman hias dari @airy_garden_official untuk memahami tentang tanaman hias yang viral jenis Philodendron dan Caladium. Menurut Eka, demikian Ekawati biasa disapa, tanaman Philodendron yang ditukar dengan Avanza memang jenis yang mahal.

"Itu jenis Philodendron Florida Beauty Variegata. Itu tanamannya banyak yang dibarter. Jadi kalau dikalkulasi mungkin seharga Avanza second," ungkap Eka, Rabu (18/11/2020).

Ekawati yang sudah terjun bisnis tanaman hias sejak 2018 itu pun mengungkapkan apa saja tanaman hias yang ada dalam video viral 'tanaman hias ditukar Avanza' itu. Kata Eka, kebanyakan adalah jenis Philodendron.

"Kalau yang saya lihat itu kebanyakan jenis Philodendron tapi variegata, sama 1 pot Aglaonema Suksom Jaipong. Yang bikin mahalnya itu yang Philodendron Florida Beauty Variegata. Philo itu hitungannya per daun. Per daun bisa kisaran Rp 2,5 juta/helai. Nah itu kayaknya lebih dari 10 daun," ucapnya.

Bagi kamu yang belum tahu apa itu tanaman hias Philodendron dan Caladium, berikut penjelasannya:

1. Philodendron Florida Beauty Variegata

Philodendron Florida Beauty VariegataPhilodendron Florida Beauty Variegata. Foto: Dok. Instagram @zophians_plants.

Philodendron merupakan salah satu tanaman hias yang laris di 2020 ini. Ada berbagai jenis Philodendron. Salah satu yang populer adalah siri gading. Harga tanaman Philodendron ini bisa mencapai jutaan. Bahkan di salah satu ecommerce ada yang menjual Philodendron Melanocrysum seharga Rp 23 juta.

Lalu ada juga jenis Philodendron Florida Beauty Variegata yang memiliki bentuk unik. Warna daunnya ada yang kuning neon hingga hijau tua. Philodendron Florida Beauty Variegata sangat mudah tumbuh di dalam ruangan atau luar ruangan.

Selain itu, tanaman Philodendron ini dapat ditanam di pot, keranjang gantung atau di luar ruangan. Philodendron Florida Beauty Variegata ini, jika kamu menaruhnya di area yang terang benderang, akan mengalami luka bakar pada daun. Jadi perawatannya jangan taruh tanaman di area yang terpapar sinar matahari langsung, agar tanaman tidak stres.

Perawatan Philodendron Florida Beauty Variegata ini, Eka menuturkan, hampir sama dengan Monstera atau Philodendron lainnya. Seperti penyiramannya jangan sampai tergenang agar akarnya tidak busuk dan juga pilih pot yang memiliki lubang drainase yang baik, agar kandungan airnya cukup bagi tanaman tersebut.

Jenis tanaman hias PhilodendronJenis tanaman hias Philodendron. Foto: Instagram @airy_garden_official.

2. Caladium

Jenis tanaman hias CaladiumJenis tanaman hias Caladium. Foto: Instagram @airy_garden_official.

Sedangkan tanaman hias Caladium yang juga disebut ditukar dengan Avanza dalam video viral di atas adalah jenis tumbuhan keluarga talas-talasan atau famili Araceae. Ciri utama Caladium adalah daun yang melebar berbentuk seperti anak panah atau kuping gajah.

Tanaman hias ini Caladium ini memiliki berbagai jenis di antaranya Keladi Kuping atau Alocasia Polly dan Colocasia. Tanaman ini mempunyai bentuk yang cantik dan warna eksotis.

Caladium memiliki ciri khas dari bentuk daunnya yang seperti simbol hati atau jantung. Daunnya biasanya licin dan mengandung lapisan lilin. Ukuran keladi tidak pernah lebih daripada 1m.

Perawatan tanaman hias Caladium juga mudah. Tanaman ini harus ditaruh di tempat yang teduh. Dan jangan lupa diberikan pupuk agar daunnya tetap tumbuh cantik dan subur. Media tanam (metan) juga harus diperhatikan, kamu bisa menggunakan sekam mentah dan juga sekam bakar. Pastikan Caladium mendapatkan air yang cukup yaitu disiram sehari sekali pada saat musim kemarau. Sementara jika musim hujan, lakukan penyiraman per dua sampai tiga hari sekali.

Bagaimana, apa kamu tertarik merawat tanaman hias Philodendron dan Caladium?

caladium keladi putihCaladium keladi putih. Foto: Instagram @airy_garden_official.
(gaf/eny)