Liputan Khusus Hobi Tanaman Hias

Wanita Ini Sukses Bisnis Tanaman Hias, Jadi Langganan Artis dan Selebgram

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 25 Okt 2020 17:45 WIB
Anjar pemilik Delfawood, toko tanaman hias langganan artis Foto: Instagram @delfawood/Anjar pemilik Delfawood, toko tanaman hias langganan artis.
Jakarta -

Wanita bernama Anjar ini sukses membuka usaha tanaman hias. Siapa sangka tadinya tidak niat berjualan tanam hias, usahanya kini malah jadi langganan selebriti dan selebgram tanah air. Seperti apa kisahnya?

Sebelumnya menjual tanaman hias, Anjar mengaku berbisnis aneka perlengkapan kayu seperti talenan, alas gelas dan sendok berbahan dasar kayu. Untuk mempromosikan produk-produk kayunya tersebut, dia membuat foto dengan tanaman sebagai hiasan.

"Biasanya tanaman hias koleksi aku sebagai properti foto saat aku menjual perlengkapan kayu. Tapi orang-orang jadi salah fokus. Nah, mulai dari situ aku mulai membuka usaha tanaman. Aku sudah membuka usaha tanaman hias hampir empat tahun yang lalu," ungkap Anjar saat dihubungi Wolipop, Jumat (23/10/2020).

Anjar mengungkapkan bahwa awalnya ia tak ada ketertarikan untuk membuka bisnis tanaman hias. Namun karena dia sering mengunggah foto-foto tanaman hiasnya di status WhatsApp, teman-temannya tergiur dan memintanya menjual koleksi tanamannya tersebut.Karena awalnya Anjar sering posting-posting tanaman lewat status Whatsapp dan Instagram, jadi teman-teman lamanya mengira Anjar menjual tanaman.

Anjar pemilik Delfawood, toko tanaman hias langganan artisAnjar pemilik Delfawood, toko tanaman hias langganan artis Foto: Dok. pribadi Anjar

"Padahal aku kan nggak menjual tanaman. Pada akhirnya pelanggan pertama aku itu adalah ya teman-temanku dulu. Nggak menyangka kalau tanaman aku itu lebih banyak peminatnya dibanding kayu-kayuan aku," kenang wanita yang memiliki usaha tanaman hias di Instagram dengan nama @delfawood itu.

Saat menyeriusi bisnis tanaman hiasnya, Anjar mengaku meminjam uang suaminya sekitar Rp 900 ribu. Dia membeli banyak tanaman hias untuk dijual kembali.

Berbisnis tanaman hias diakui Anjar sama seperti usaha lainnya yang baru dirintis, pasti mengalami kesulitan. Apalagi dia menjalani usaha tersebut sambil mengurus dua anaknya.

"Mesti mengirim tanaman sendiri pakai motor dan membawa anak, hujan-hujanan. Tapi di awal aku tidak merasa kesulitan. Justru aku mengalami kesulitan sekarang saat Delfawood sudah mulai naik dan jadi banyak orang yang suka, juga ada aja yang tidak suka dengan produk yang kita jual. Ujiannya itu juga lebih banyak sekarang dibandingkan kita baru mulai usaha," terangnya.

Anjar mengaku juga pernah ditipu oleh supplier dan juga konsumen tanaman hiasnya. Ada yang memberikan bukti transfer palsu saat transaksi online.

"Aku pernah dimalingin tanamannya dan dirampok pernah juga, ditipu supplier dan ditipu customer karena mengirimkan bukti transfer palsu," ungkapnya.

Meski demikian, berbagai kesulitan tersebut baginya bukanlah suatu hambatan yang berarti. Justru menurutnya tantangan terbesarnya menjalani bisnis tanaman hias datang dari dirinya sendiri dan timnya di Delfawood.

"Yang aku takutin disaat semangat kita berhenti. Dan sudah besar kepala gitu. Kayaknya itu yang menjadi hambatan. Aku selalu memupuk terus dan menata kita harus lebih baik dari hari ini dibanding kemarin dan menjadi acuan juga untuk diri aku agar bisa lebih baik lagi," ujar Anjar.

Bisnis tanaman hias DelfawoodBisnis tanaman hias Delfawood Foto: Instagram @delfawood

Tanaman Hias Delfawood Jadi Langganan Artis dan Selebgram

Sudah berbisnis tanaman hias sejak hobi menanam ini menjadi tren karena Corona, usaha Anjar kini menuai apa yang dulu sudah mereka rintis. Bisnis tanaman hiasnya laris manis.

Dalam menjalankan bisnisnya, Anjar rupanya cukup royal. Ketika membeli tanaman hias darinya, si pembeli akan mendapatkan bonus. Cara ini rupanya efektif untuk mempromosikan toko tanaman hiasnya Delfawood.

"Orang melihat karena influencer membeli tanaman di aku, dan biasanya aku kasih gift. Tapi nggak harus artis, pembeli baru di kami, biasanya aku kasih bonus untuk mereka rawat. Akhirnya dari mulut ke mulut orang-orang kontak aku, beli dan datang ke toko kami," tutur Anjar yang membuka toko Delfawood di Bogor, Jawa Barat itu.

Anjar pemilik Delfawood, toko tanaman hias langganan artisAnjar pemilik Delfawood, toko tanaman hias langganan artis Foto: Instagram @delfawood

Dari banyak orang yang membeli tanaman hias dari tokonya, beberapa di antaranya datang dari kalangan selebriti dan selebgram. Mereka yang jadi pelangganya di antaranya Chelsea Islan, Nadine Candrawinata, Mira Anastasia, Cathy Sharon, Shareefa Danish, Nina Septiani dan masih banyak lagi. Anjar mengaku tidak menerapkan sistem endorse pada artis-artis atau selebgram yang membeli tanaman dari tokonya.

"Kenapa aku nggak berminat endorse selebgram? Karena tanaman ini kan butuh komitmen dalam merawat. Beda kalau barangnya seperti baju atau lainnya. Kita bayar dan mendapatkan feedback dan repeat order. Tapi kan kalau tanaman orang kan harus suka. Pertimbangannya itu aku takut orang yang aku endorse itu tidak suka dengan tanaman pemberian aku," ujar Anjar.

Tips Bisnis dan Merawat Tanaman Hias

Bagi kamu yang sedang mencari peluang bisnis di tengah pandemi dan tertarik dengan usaha tanaman hias, Anjar memiliki pesan. Menurutnya usaha tanaman hias membutuhkan komitmen yang tinggi dan konsisten.

"Saranku pertama, kita jangan ikut-ikutan karena tanaman membutuhkan komitmen yang tinggi dan serius dalam perawatan. Beda dengan kita jual benda mati yang hanya ditaruh saja. Kalau tanaman itu kan saat belum laku terjual itu kan harus menyiasati biar cepat rimbun, berbunga dan tetap cantik. Jadi kalau teman-teman yang baru memulai, stop ikut-ikutan dan mulai bisnis dari hati. Jangan pernah memacu diri dari kemarin, yang sudah menjual tanaman sekarang sudah banyak, semakin murah juga banyak dan tetap pelayan, kualitasnya otentik dari owner itu penting, stop plagiat cara berjualan," ucap Anjar panjang lebar.

Anjar pemilik Delfawood, toko tanaman hias langganan artisAnjar pemilik Delfawood, toko tanaman hias langganan artis. Foto: Dok. pribadi Anjar

Sedangkan bagi kamu yang hobi tanaman hias, Anjar memberikan tips agar tanaman kamu rimbun dan cantik. Dia mengatakan orang yang menekuni hobi tanaman hias, harus rela meluangkan waktunya untuk mengurus tanaman tersebut.

"Pertama harus persiapkan waktu, karena tanaman itu nggak cuma kalian beli habis itu selesai. Harus ada waktu untuk perawatan, menyiram dan untuk merotasi tanaman. Selain waktu, juga tempat. Jadi sebelum membeli tanaman kita harus melihat dulu, kita sudah ada space atau belum. Jangan sampai kita nggak ada space besar akhirnya semua tanamannya di indoor dan malah tidak terawat," ucap Anjar.

Anjar juga menyarankan untuk yang baru memulai hobi tanaman hias, sebaiknya jangan membeli tanaman yang lagi hits dan mahal. Pertimbangkanlah dengan baik budget membeli tanaman hias.

"Biasanya tanaman yang mahal itu akan membutuhkan maintain yang susah. Buat pemula, seharusnya beli yang murah-murah aja dulu. Dan yang tidak boleh dilakukan adalah kalian jangan pernah berpikir tanaman robek, rusak, kena hama itu adalah tanaman yang jelek, tapi itulah proses dalam merawat tanaman. Kalau misalnya tanaman bagus-bagus aja berati itu bukan produk alam, tapi produk pabrik. Jadi tetap semangat bagi yang baru memulai, selamat berkebun," tutupnya.

(gaf/eny)