7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara dalam Akuarium

Lusiana Mustinda - wolipop Sabtu, 19 Sep 2020 16:00 WIB
Jalan Sumenep di kawasan Menteng terkenal sebagai salah satu sentra ikan hias di Jakarta. Beragam ikan hias hingga aksesoris dijajakan para pedagang di sana. Ikan hias air tawar. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Sama seperti memelihara kucing, ikan hias air tawar juga menjadi hobi yang banyak diminati. Memelihara ikan hias air tawar tak terlalu merepotkan. Bisa diletakkan dalam akuarium dan diberikan beberapa hiasan menarik di dalamnya.

Jenis ikan hias air tawar ada banyak. Ada yang bisa dicampur dalam satu akuarium tetapi ada juga ikan hias air tawar yang berjenis predator sehingga tidak bisa dicampurkan dengan ikan lainnya.

Tertarik memelihara ikan air tawar di akuarium? Yuk lihat jenis-jenisnya di sini:

1. Ikan Guppy

Bisnis Ikan GuppyBisnis Ikan Guppy Foto: Bisnis Ikan Guppy (Kartika Bagus/detikcom)


Ikan hias air tawar yang terindah ini bisa memilih ikan guppy. Ikan guppy memiliki karakter ekor yang menjuntai dengan warna-warna yang indah mencolok. Ikan guppy bisa menambah keindahan akuarium di rumah. Ada beberapa jenis ikan guppy yang paling populer yakni Blue Moscow, Black Moscow, Blue Japan, Metal Lace Thailand hingga Cobra yang memiliki motif mencolok.

2. Ikan Discus

ikan hias air tawarikan hias air tawar Foto: Istimewa


Ikan discus memiliki bentuk tubuh yang berbentuk lingkaran yang pipih. Ikan ini memiliki sifat pemakan segala alias omnivora. Ikan discus memiliki karakter yang sama dengan ikan guppy yang mudah bersosialisasi. Ikan discus ini berasal dari sungai Amazon.

3. Ikan Mas Koki

sewa ikan mas kokiikan mas koki Foto: (Cham Ais/Facebook)


Ikan mas koki menjadi salah satu jenis ikan yang dipercaya dapat membawa keberuntungan. Ikan mas koki memiliki tonjolan di kepala dan perutnya. Selain keunikan tersebut, ikan mas koki juga memiliki bentuk ekor yang unik.

Ikan mas koki cocok digabungkan dengan jenis ikan lain karena sifatnya ramah dan tidak agresif.

4. Ikan Molly

ikan hias air tawarikan hias air tawar Foto: Istimewa


Ikan hias air tawar kecil ini bernama ikan molly. Ikan ini merupakan hewan omnivora yang cocok digabungkan dengan jenis ikan lainnya yang berukuran besar. Ikan molly cocok dicampur dengan ikan angelfish, ikan platy, swordtail dan juga tetra.

5. Ikan Corydoras

ikan hias air tawarikan hias air tawar Foto: Istimewa


Ikan ini mirip seperti ikan sapu-sapu dengan ukuran 120 mm. Ikan ini memiliki karakteristik pendiam dan pemalu. Namun ikan corydoras ini mudah untuk bersosialisasi sehingga bisa dicampur dengan ikan hias air tawar lainnya. Ikan jenis ini masuk ke dalam kategori ikan yang mudah dirawat.

6. Ikan Manfish

ikan hias air tawarikan hias air tawar Foto: Istimewa


Ikan hias air tawar terindah ini memiliki bentuk yang unik. Ciri-ciri ikan manfish ini berbentuk pipih dan siripnya yang memanjang serta mempunyai banyak warna. Ikan manfish cocok jadi penghias akuarium apalagi harganya terjangkau.

7. Ikan Koi

Bud daya ikan koi (Uje Haratono/detikcom)Bud daya ikan koi (Uje Haratono/detikcom) Foto: Bud daya ikan koi (Uje Haratono/detikcom)


Paling populer di kalangan pecinta ikan hias. Tidak hanya bentuknya akan tetapi corak dari ikan koi yang unik menjadikan ikan ini bernilai mahal. Meskipun ukurannya dapat membesar, namun ikan koi ini termasuk ke dalam jenis ikan aquascape yang dapat dicampur dengan ikan-ikan lainnya dalam satu tempat.

Akan tetapi jangan mencampurkan ikan hias air tawar koi ini dengan ikan predator. Karena keagresifan ikan predator dapat membuat ikan koi mati karena stres.

(lus/pal)