Cegah Corona, Restoran Ini Punya Alat Khusus untuk Sterilkan Sepatu Tamu

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 16 Mei 2020 11:30 WIB
Alat sanitizer sepatu untuk menghilangkan virus dari sol sepatu. Alat sanitizer sepatu untuk menghilangkan virus dari sol sepatu. Foto: Dok. Pathog3n Solutions
Florida -

Pandemi virus Corona masih belum berakhir dan telah membawa dampak buruk bagi berbagai sektor industri, termasuk restoran. Di tengah kondisi yang masih tidak menentu, beberapa restoran memutuskan membuka kembali bisnisnya, dengan sejumlah penyesuaian agar roda ekonomi tetap berputar.

Salah satu restoran di Tierra Verde, Florida, mengambil langkah preventif yang cukup inovatif untuk mencegah penularan virus Corona. Restoran bernama Island Grill and Raw Bar ini memasang alat sanitasi khusus sepatu yang ditempatkan dekat pintu masuk.

Alat canggih ini dipasang agar pengunjung merasa lebih aman saat makan di dalam restoran. Menurut pemilik restoran, langkah ini diambil juga untuk membantu mencegah penyebaran virus.

"Jadi jika kebetulan seseorang masuk ke restoran dan sesuatu (kotoran, bakteri atau virus) mengenai lantai, kami tidak ingin dia masuk membawa bakteri ke restoran," kata Bob Mueller, salah satu pemilik restoran, seperti dikutip dari Baynews9.

Alat sanitizer sepatu untuk menghilangkan virus dari sol sepatu.Alat sanitizer sepatu untuk menghilangkan virus dari sol sepatu. Foto: Dok. Pathog3n Solutions


Bagaimana cara kerja alat ini untuk mensterilkan sepatu para pengunjung yang datang ke restoran? Alat ini diciptakan oleh Pathog3n Solutions dan COO nya, Scott Beal, menjelaskan tahapannya.

"Anda jalan menuju alat tersebut dan berdiri di atasnya. Lalu instruksinya mengatakan 'sudah siap' dan 'tunggu'. Setelah delapan detik alat akan mengeluarkan bunyi 'beep' dan 99,999 persen kotoran yang ada di sepatu hilang," ujar Scott.

Dia juga menambahkan bahwa alat sanitasi sepatu ini menggunakan teknologi sinar UVC dan ozon. Awalnya alat tersebut diciptakan untuk keperluan rumah sakit namun kini berekspansi ke tempat lain.

"Kami punya berbagai restoran sebagai konsumen. Kami sudah berdiskusi dengan hotel, arena olahraga, dan industri makanan yang tutup karena karyawan mereka terinfeksi," ucapnya.

Alat sanitizer sepatu untuk menghilangkan virus dari sol sepatu.Alat sanitizer sepatu untuk menghilangkan virus dari sol sepatu. Foto: Dok. Pathog3n Solutions


Pathog3n Solutions menyarankan agar alat sanitasi sepatu ditempatkan dekat setiap pintu masuk, pintu keluar dan area yang banyak orang berlalu-lalang. Selain restoran dan rumah sakit, perusahaan berbasis di St. Petersburg, Florida, Amerika Serikat ini juga akan mengembangkan alat yang bisa digunakan di rumah.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu studi yang dilakukan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menemukan adanya kontaminasi virus Corona tingkat tinggi pada lantai serta sepatu tenaga medis di rumah sakit yang menangani pasien COVID-19 di Wuhan, China. Penelitian tersebut menyoroti hasil tes swab dengan sampel yang diambil dari lantai ICU bangsal di rumah sakit Huoshenshan, Wuhan.

Dari hasil tes tersebut, terungkap bahwa hampir 100 persen sampel positif terpapar virus Corona. Para peneliti lalu menyimpulkan bahwa, "Sol sepatu staf tenaga medis bisa saja menjadi carrier (virus Corona)."



Simak Video "Intimate Wedding Jadi Tren Baru di Masa Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)