Ancol & Monas Tutup Imbas Corona, Ini Kegiatan Seru di Rumah Saat Akhir Pekan

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 14 Mar 2020 07:00 WIB
family having fun at home and using laptop together Ilustrasi keluarga menonton film di rumah. Foto: istock
Jakarta -

Semakin bertambahnya kasus virus Corona di Indonesia membuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan tindakan preventif untuk mencegah penularan yang makin luas. Pemprov DKI Jakarta memutuskan akan menutup sejumlah tempat wisata selama dua minggu ke depan.

Penutupan sejumlah tempat wisata populer di Jakarta dilakukan sebagai antisipasi demi menghindari interaksi dan mengurangi kerumunan banyak orang. Sebab kerumunan berpotensi meningkatkan risiko penularan.

Beberapa destinasi liburan yang akan ditutup di antaranya Ancol, Ragunan dan Monas. Kegiatan car free day yang rutin diadakan setiap Hari Minggu juga bakal ditiadakan selama dua pekan mendatang.


Beberapa tempat wisata harus ditutup, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati akhir pekan, lho. Liburan di akhir pekan juga bisa dilakukan di rumah yang diisi dengan berbagai kegiatan. Ini beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan di rumah.

1. Nonton Film

Foto: iStock


Pilih film dan serial favorit untuk ditonton bersama keluarga, teman, atau bisa juga sendirian untuk menikmati me time. Kamu bisa download lewat aplikasi streaming seperti Netflix, Viu, HBO Go, atau iflix.

Agar suasana jadi lebih asyik, siapkan camilan yang bisa dinikmati sambil nonton. Entah itu popcorn, keripik, roti, kue, dan sebagainya.

2. Masak-masak

Foto: Memasak


Kalau kamu suka masak, carilah resep makanan yang belum pernah dicoba, dan bereksperimen di dapur. Pilih resep yang mudah cara membuatnya dan tidak terlalu rumit. Ingat, kamu ingin menghilangkan stres dengan memasak makanan yang enak tapi juga simpel. Bukan menambah banyak pikiran karena resepnya rumit dan bahan-bahannya juga sulit didapat. Setelah makanan jadi kamu bisa membagikannya ke keluarga dan minta pendapat mereka tentang bakat memasak kamu.

3. Olahraga

Foto: istock


Olahraga di rumah selain menyehatkan juga bisa mengusir kebosanan. Kamu bisa mencari tutorial olahraga yang diinginkan lewat YouTube, tidak perlu memanggil instruktur pribadi.

Siapkan matras, baju dan legging olahraga, lalu mulailah mengolah tubuh! Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah di antaranya SBZ, Zumba, barreless dan yoga. Ingat untuk mengikuti setiap instruksi dari channel YouTube yang terpercaya mulai dari pemanasan hingga pendinginan untuk menghindari cedera.


4. Perawatan Kulit

Foto: shutterstock


Akhir pekan juga menjadi waktu yang tepat untuk merawat kecantikan kulit wajah dan tubuh. Tak perlu repot-repot ke salon, klinik kecantikan atau spa. Kamu bisa berhemat dengan melakukan perawatan sendiri di rumah. Perawatan bisa dimulai dari luluran, mandi dengan sabun mengandung aromaterapi dan mengoleskan losion setelahnya.

Untuk perawatan wajah, kamu bisa melakukan eksfoliasi, lalu diikuti dengan memakai masker selama 20 menit. Setelah itu pakai toner, serum dan pelembap. Jangan lupa nyalakan lilin aromaterapi untuk menambah efek relaksasi.

5. Karaoke

Foto: iStock


Bagi sebagian orang, bernyanyi bisa melepas beban pikiran. Bila kamu hobi bernyanyi, mungkin bisa menghabiskan akhir pekan dengan karaoke bersama teman, keluarga atau mungkin pasangan. Tidak harus di studio khusus karaoke, kamu juga bisa melakukannya di rumah. Tapi pastikan volume audionya tidak mengganggu tetangga, ya.

6. Main Game

Foto: Shutterstock


Alternatif kegiatan di rumah lainnya adalah dengan bermain game. Ini juga bisa jadi ide kencan kamu dan kekasih saat banyak tempat umum ditutup akibat virus Corona. Bermain game akan mencairkan suasana si dia yang canggung di rumah kamu. Agar kekasih bisa lebih akrab dengan anggota keluarga yang lain, ajak anggota keluarga lain untuk main bersama.

Perlu kamu ingat, meskipun akhir pekan hanya di rumah, bukan berarti boleh mengabaikan kebersihan. Tetaplah jaga kebersihan dengan sering cuci tangan dan pakai hand sanitizer. Khususnya setelah menyentuh benda-benda, menggunakan kamar mandi dan sebelum menyiapkan makanan. Makan makanan bernutrisi lengkap dan minum vitamin bila perlu.



Simak Video "Resepsi Nikah Ditunda karena Corona, Gimana Vendor Fotografi Menyikapinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)