IKEA Indonesia Tarik Produk Travel Mug karena Mengandung Bahan Berbahaya

Hestianingsih - wolipop Kamis, 16 Jan 2020 11:36 WIB
Travel mug TROLIGTVIS yang ditarik IKEA dari pasaran. Foto: Dok. IKEA
Jakarta - IKEA menarik salah satu produknya dari pasaran karena tidak memenuhi persyaratan keamanan konsumen. Produk yang dimaksud adalah travel mug bernama TROLIGTVIS.

Dalam pernyataan resminya, IKEA Indonesia meminta semua pelanggan yang memiliki travel mug TROLIGTVIS bertanda 'Made In India' agar berhenti menggunakannya, dan mengembalikan produk ke toko IKEA Indonesia cabang mana pun.

Sebagai penggantian, pelanggan yang membawa travel mug tersebut ke toko akan mendapatkan pengembalian penuh berupa IKEA return voucher. Perlu diketahui, barang yang dikembalikan dan akan mendapatkan penggantian penuh, hanya produk TROLIGTVIS bertanda 'Made In India'.
"IKEA baru-baru ini menerima laporan pengujian yang menunjukkan bahwa travel mug mengandung tingkat Dibuthyl phthalate (DBP) melebihi ambang batas yang ditentukan," tulis IKEA dalam rilis pers.
IKEA Indonesia Tarik Travel Mug karena Mengandung Bahan BerbahayaTravel mug TROLIGTVIS yang ditarik IKEA dari pasaran. Foto: Dok. IKEA

Mereka melanjutkan, "IKEA sudah sejak lama memutuskan untuk melarang semua penggunaan phthalate dalam produk yang berkontak langsung dengan makanan dan karenanya menghentikan penjualan travel mug selama penyelidikan. Penyelidikan telah menunjukkan bahwa travel mug bertanda 'Made in India' mungkin terpengaruh dan IKEA melakukan penarikan kembali mug meski risiko berdampak negatif langsung pada kesehatan pengguna sangat rendah."

Travel mug TROLIGTVIS merupakan produk IKEA yang dijual sejak Oktober 2019. Mug dirancang dengan bentuk ergonomis, dilengkapi dengan penutup dan saat diluncurkan, tersedia dalam empat pilihan warna.
Tak hanya di Indonesia, penarikan travel mug TROLIGTVIS juga dilakukan di hampir seluruh toko IKEA di dunia. Seperti dikutip dari Channel News Asia, hanya IKEA Amerika Serikat, Kanada dan Republik Dominika yang tak terdampak.

"IKEA meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh penarikan produk ini," tutupnya.

Simak Video "BTS Masuk Daftar Selebriti dengan Bayaran Termahal di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)