Sederhana Banget! Ini Cara Mengusir Tikus Paling Ampuh

Abdul Jalil - wolipop Rabu, 11 Sep 2019 18:09 WIB
Sederhana Banget! Ini Cara Mengusir Tikus Paling Ampuh/Foto: Istimewa Sederhana Banget! Ini Cara Mengusir Tikus Paling Ampuh/Foto: Istimewa

Jakarta - Kehadiran tikus di rumah, tentu menjadi suatu hal yang kurang menyenangkan. Bagaimana cara mengusir tikus paling ampuh ya?

Hewan pengerat ini sering menjadi biang masalah dan membawa sumber penyakit. Ketika tikus masuk ke dalam rumah untuk pertama kalinya, kemudian telah menemukan makanan dan merasa nyaman dan aman, maka ia akan kembali pada malam berikutnya. Kembali lagi dan lagi, begitu seterusnya. Menganggap rumah manusia adalah sarangnya, bahkan bisa saja beranak-pinak dan semakin merajalela.

Maka dari itu, menjaga kebersihan rumah setiap hari merupakan hal yang penting. Pastikan rumah dalam keadaan bersih sebelum kamu pergi tidur, karena binatang ini selalu mencari makan pada malam hari.

Bila tikus sudah berada di dalam rumah dan susah diusir, maka gunakanlah bahan berikut ini, sebagai cara mengusir tikus paling ampuh dan aman:



1. Kopi

Karena aroma harumnya, bubuk kopi bisa mengecoh penciuman tikus sehingga tidak kembali pada tempat tersebut. Hal ini karena tikus sering meninggalkan jejak yang dilalui, dan dijadikan jalur untuk mereka kembali pada tempat yang sama.

Aroma dari kopi juga sangat tidak disukai oleh tikus. Oleh sebab itu, kopi diyakini ampuh untuk menyingkirkan tikus.

2. Cuka dan Bola Kapas

Bau cuka yang menyengat akan mengganggu indra penciuman tikus yang sangat sensitif. Caranya dengan membersihkan lantai atau area yang sering dilalui tikus terlebih dahulu. Kemudian, lumuri bola kapas dengan cuka putih dan simpan bola kapas yang sudah dilumuri cuka di sarang tikus. Apabila bola kapas sudah mulai mengering, lumuri kembali dengan cuka putih.

Kamu bisa melakukan cara ini berkali-kali hingga tikus benar-benar dirasa sudah kabur dari rumah. Gunakanlah sarung tangan saat menuangkan cuka ke bola kapas. Karena kandungan asam yang ada di cuka bisa saja membahayakan tangan.

3. Kapur Barus

Bahan yang biasa dikenal dengan kamper ini, juga merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk mengusir tikus. Selain mudah didapat, penggunaannya pun tidaklah rumit. Cukup tempatkan kapur barus pada beberapa lokasi yang sering didatangi tikus. Niscaya, tikus akan pergi dan takkan kembali.

4. Cengkeh

Berkat wanginya yang khas, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengusir tikus. Tikus benar-benar sangat tidak menyukai wangi tersebut dan akan segera lari jika mencium bau cengkeh. Jadi, kamu bisa menggunakan cengkeh sebagai alternatif cara mengusir tikus.

Untuk menggunakan cengkeh, kamu perlu menyiapkan kain kasa. Masukkan beberapa potong cengkeh ke dalam kain tersebut. Tunggu beberapa hari agar cengkeh benar-benar kering. Kemudian letakkan cengkeh yang kering di tempat yang sering dilalui tikus.

Semakin kering cengkeh yang kamu siapkan, semakin tajam baunya.



5. Merica

Merica mempunyai bau yang menyengat dan bisa membuat hidung manusia gatal. Hal ini juga berlaku bagi tikus, mengingat indra penciuman tikus yang sangat sensitif. Oleh sebab itu, merica diyakini dapat membuat tikus tidak betah dan segera pergi.

Cara mengusir tikus dengan merica sangat sederhana. Kamu hanya perlu menaburkan sedikit lada pada setiap sudut rumah atau tempat-tempat yang sering didatangi tikus, seperti plafon rumah. Dalam beberapa hari, bisa melihat sendiri hasilnya.

Itulah lima cara mengusir tikus paling ampuh, menggunakan bahan yang sederhana banget.




Simak Video "Bak Putri Duyung, Model Tiongkok Ini Bernyanyi di Bawah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/eny)