The Power of Marie Kondo, Bikin Penjualan Kotak Penyimpan Barang Meningkat

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 02 Mar 2019 10:09 WIB
Marie Kondo di acara Oscars 2019. Foto: Matt Winkelmeyer/Getty Images Marie Kondo di acara Oscars 2019. Foto: Matt Winkelmeyer/Getty Images

Jakarta - Sejak acaranya tayang di Netflix, Marie Kondo jadi sensasi karena kepiawaiannya merapikan dan menata rumah dengan cara yang revolusioner. Wanita berdarah Jepang ini pun sukses membuat orang ingin merapikan rumahnya sebaik mungkin

Acara bertema 'Tidying Up With Marie Kondo' tayang perdana di Netflix pada 1 Januari 2019. Setelah delapan episode di musim penayangan pertama, terjadi peningkatan minat terhadap produk perangkat penyimpanan dan organizer seperti kontainer, kotak menyimpan file, mesin penghancur kertas hingga label nama.

Data dari NPD Group, perusahaan penelitian marketing asal Amerika, menunjukkan penjualan kotak penyimpan berkas meningkat hingga 3 persen. Sementara permintaan mesin penghancur kertas meningkat sebanyak 2 persen. Label nama untuk mengelompokkan jenis-jenis barang juga naik penjualannya sebanyak 4 persen, setelah sempat turun 4 persen di 2018.


The Power of Marie Kondo, Bikin Penjualan Kotak Penyimpan Barang MeningkatMarie Kondo. Foto: Instagram @mariekondo

"Di masa ketika kesehatan, kesejahteraan dan kesadaran jadi nilai-nilai penting dalam aktivitas keseharian konsumen, retailer dan brand kini jadi punya kesempatan untuk membantu mereka mengontrol 'kegembiraan' dengan menyingkirkan hal-hal yang terlihat mengganggu, dan mendorong kehidupan yang penuh kesadaran," jelas analis industri NPD Leen Nsouli, seperti dikutip dari Business Insider.

"Terkadang, kita tidak sadar sudah berapa banyak barang tidak penting yang menumpuk di lemari, rumah, kantor, dan ruang kelas selama bertahun-tahun," lanjutnya.


The Power of Marie Kondo, Bikin Penjualan Kotak Penyimpan Barang MeningkatMarie Kondo, Si Ratu Berbenah. Foto: Instagram @mariekondo

Marie Kondo menyebut dirinya sebagai guru atau pakar berbenah. Bukunya yang berjudul 'The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing' membuat wanita 34 tahun ini masuk dalam daftar '100 Orang Paling Berpengaruh' versi majalah Time pada 2015.

Marie Kondo membuat metode unik dan revolusioner dalam berbenah. Saat merapikan rumah, Anda harus fokus pada objek-objek yang sekiranya bisa membuat hati senang. Jika sudah menyortir benda yang membawa kebahagiaan, maka sisanya harus disingkirkan.
(hst/hst)