ADVERTISEMENT

5 Doa Penenang Hati Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Terjemahan

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 16 Jun 2022 05:30 WIB
Doa Penenang Hati Foto: Dok. Canva

Jakarta -

Terkadang umat muslim menghadapi banyak penderitaan dan cobaan dalam urutan yang luar biasa. Membaca doa penenang hati bisa menjadi salah satu obat agar pikiran tetap tentram dan damai.

Menyingkirkan kegelapan dari kekhawatiran, kesusahan, depresi dan kesedihan adalah hal yang penting yang perlu diperhatikan. Ada doa penenang hati yang dapat membantu kita menghilangkan kecemasan menurut Islam.

Jika seorang muslim merasa tertekan, ia harus memperkuat keyakinan kepada Allah dan takdir (Qada' wa Qadar) dan membaca doa untuk mengusir depresi dan kekhawatiran.

Berikut ini doa penenang hati yang bisa dibaca:

1. Surah Al-Baqarah Ayat 286

Salah satu penyebab hati tak tenang dan kegelapan terbesar adalah kekufuran kepada Allah. Dan Allah berfirman dalam Al-Qur'an:

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا

Laa yukallafullah hunafsan illaa wus'ahaa

Artinya:

"Allah tidak membebani jiwa seseorang melebihi apa yang dapat ditanggungnya.."

Berdasarkan ayat tersebut, Allah mengetahui kemampuan mukmin-Nya. Dan yang harus kita lakukan adalah menaruh kepercayaan kepada-Nya. Itulah sebabnya ayat berikutnya mengatakan bahwa kita harus berdoa kepada-Nya

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ

Robbanaa laatuaa khidznaa innasiinaa aw akhto'naa, robbanaa walaa tahmil alainaa ishrongkamaa hamaltahu alalladziina mingqoblina, robbanaa walaa tuhammalnaa maa laa too qotalanaabih

Artinya:

"Ya Tuhan kami, jangan hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, jangan bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau telah membebani orang-orang sebelum kami..."

2. Doa Penenang Hati Surah Al-Imran Ayat 139

وَلَا تَهِنُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَنْتُمُ الْاَعْلَوْنَ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْ

Walaa tahinuu walaa tahzanuu wa angtumul a'launa ingkungtummu'minii

Artinya:

"Dan jangan putus asa, jangan sedih. Kamu pasti akan menang jika kamu adalah orang-orang yang benar-benar beriman."

Surat Al Imran menyebutkan bahwa setiap kali kita merasa sedih atau lemah, kita harus ingat bahwa Allah selalu bersama kita. Dan barang siapa datang kepada Allah, maka Dia akan membimbing kita dalam setiap jalan hidup kita.

(eny/eny)