5 Fakta Malaikat Pencabut Nyawa Izrail Dalam Islam, Berwajah 4

Arina Yulistara - wolipop Selasa, 30 Nov 2021 15:48 WIB
Fakta malaikat pencabut nyawa Izrail. Foto: AP/Ivan Valencia Fakta malaikat pencabut nyawa Izrail. Foto: AP/Ivan Valencia
Jakarta -

Kematian merupakan hal yang pasti dialami oleh semua makhluk hidup. Sebelum meninggal dunia dan saat sakaratul maut, manusia akan lebih dulu bertemu dengan malaikat pencabut nyawa, Izrail.

Ya, malaikat pencabut nyawa, Izrail, dalam Islam bertugas untuk mencabut nyawa manusia sesuai kehendak Allah SWT. Hal ini tertuang dalam surat As Sajdah ayat 11 yang berbunyi;

قُلْ يَتَوَفّٰىكُمْ مَّلَكُ الْمَوْتِ الَّذِيْ وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ اِلٰى رَبِّكُمْ تُرْجَعُوْنَ ࣖ - ١١

Artinya:

"Katakanlah, 'Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikan kamu, kemudian kepada Tuhanmu, kamu akan dikembalikan'."

Dikutip dari buku 'Mengenal Malaikat-Malaikat Allah' karya Nurul Ihsan disebutkan bahwa setiap malaikat tercipta dari cahaya. Begitu pula dengan fakta malaikat pencabut nyawa, Izrail, dalam Islam yang tercipta dari nur atau cahaya.

Selain fakta malaikat pencabut nyawa, Izrail, dalam Islam, percaya pada malaikat dan sifatnya tertuang di Al Quran lewat surat Al-Anbiya' ayat 19 dan 20 yang berbunyi;

وَلَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ وَمَنْ عِنْدَهٗ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِهٖ وَلَا يَسْتَحْسِرُوْنَ ۚ -

Artinya:

"Dan milik-Nya siapa yang di langit dan di bumi. Dan (malaikat-malaikat) yang di sisi-Nya, tidak mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih."

يُسَبِّحُوْنَ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ لَا يَفْتُرُوْنَ - ٢٠

Artinya:

"Mereka (malaikat-malaikat) bertasbih tidak henti-hentinya malam dan siang."

Mengenai fakta malaikat pencabut nyawa, Izrail, dalam Islam, berikut penjelasannya. Simak fakta-fakta malaikat pencabut nyawa, Izrail, dalam Islam:

1. Bertugas Mencabut Nyawa

Fakta malaikat pencabut nyawa, Izrail, dalam Islam, pertama adalah mencabut nyawa semua manusia. Oleh sebab itu fakta malaikat pencabut nyawa, Izrail, dalam Islam dijuluki sebagai Malaikat Maut. Hal ini sudah disebutkan dalam Al Quran bahwa setiap yang berjiwa akan menemui ajalnya. Tertuang dalam firman Allah SWT di surat Ali 'Imran ayat 185 yang berbunyi;

كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ

Artinya:

"Setiap yang bernyawa akan merasakan mati..."

2. Wujud Malaikat Pencabut Nyawa Izrail

Wujud Malaikat Izrail serupa dengan Malaikat Mikail. Fakta malaikat pencabut nyawa, Izrail, dalam Islam, mengenai wujudnya berwajah empat, di muka, kepala, punggung, dan telapak kaki. Malaikat Izrail mencabut nyawa para nabi dari kepalanya sementara orang mukmin lewat wajah di mukanya.

Berbeda saat mencabut nyawa orang kafir dengan wajah di punggung dan mengambil nyawa seluruh jin dari wajah di kakinya. Dari kepala hingga kedua telapak kaki diselimuti bulu Za'faran dan setiap bulu memiliki satu juta muka. Setiap satu juta muka mempunyai satu juta mata, mulut, dan tangan.

Setiap mulut punya satu juta lidah dan lidah tersebut bisa berbicara satu juta bahasa. Malaikat Izrail juga disebutkan memiliki 4 ribu sayap dan 70 ribu kaki, salah satu kaki di langit ketujuh dan satu lagi di jembatan pemisah antara surga dan neraka.

3. Malaikat Izrail Bisa Menjangkau Seluruh Wilayah

Fakta malaikat pencabut nyawa, Izrail, dalam Islam, selanjutnya adalah bisa menjangkau seluruh wilayah. Dikutip dari Makalah Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas X: Iman Kepada Malaikat karya Ahmad Sandi dan Moh. Rizki Abdulloh, Malaikat Izrail diberikan kemampuan yang luar biasa oleh Allah SWT.

Salah satunya bisa menjangkau seluruh wilayah dalam sekejap. Ia bisa menjangkau seluruh dunia seperti seseorang yang hendak makan dan duduk di meja makan. Bahkan fakta malaikat pencabut nyawa, Izrail, dalam Islam yang juga luar biasa adalah mampu bolak-balik di seluruh dunia seperti manusia membolak-balikan uang.

KLIK HALAMAN SELANJUTNYA tentang fakta malaikat pencabut nyawa Izrail.

Selanjutnya
Halaman
1 2