Arti Surat Al Maun, Bacaan, dan Keutamaannya yang Perlu Dipahami Umat Islam

Arina Yulistara - wolipop Sabtu, 27 Nov 2021 11:00 WIB
Surat Al Maun Arti dan Keutamaannya. Foto: Dok. iStock Surat Al Maun Arti dan Keutamaannya. Foto: Dok. iStock

2. Memberi makan orang miskin dan anak yatim

Selain anak yatim, arti Surat Al Maun, bacaan, dan keutamaannya juga mendorong orang mukmin memberi makan orang miskin. Seperti tertuang dalam arti arti Surat Al Maun dan bacaan ayat 3.

Perintah memberi makan orang miskin dan anak yatim juga tertuang dalam surat Al Insan ayat 8-9 yang artinya;

"Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan. Sesungguhnya Kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih."

3. Tidak melalaikan salat

Sesuai arti Surat Al Maun, bacaan, dan keutamaannya dari ayat 4-5, kamu diperintahkan agar tidak melalaikan salat. Kamu diperintahkan untuk salat lima waktu dan tidak menunda-nunda. Allah SWT tidak suka orang-orang yang melalaikan salat.

4. Tidak berbuat riya

Riya atau tinggi hati menjadi sifat manusia yang sulit dikendalikan. Untuk itu, pahami arti Surat Al Maun, bacaan, dan keutamaannya dari ayat 6. Jika tidak mau celaka di dunia maka janganlah berbuat riya.

5. Berbuat baik

Allah SWT juga memerintahkanmu berbuat baik dan memberikan pertolongan kepada orang yang membutuhkan. Tertuang dalam arti Surat Al Maun, bacaan, dan keutamaannya pada ayat ke-7, menyebutkan bahwa celaka bagi kamu yang tidak mau memberikan bantuan.

Untuk itu, kamu dianjurkan berbuat baik dengan orang lain yang membutuhkan. Berikan pertolongan jika ada yang minta bantuan.

Setelah memahami arti Surat Al Maun, bacaan, dan keutamaannya, yuk amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(eny/eny)