4 Bacaan Doa untuk Orang Meninggal, Sahabat hingga Orangtua

Arina Yulistara - wolipop Jumat, 22 Okt 2021 05:30 WIB
Doa untuk orang meninggal. Foto: Getty Images/Alex Liew Doa untuk orang meninggal. Foto: Getty Images/Alex Liew

4. Doa untuk Orang Meninggal Jika Orangtua

Rasulullah SAW pernah bersabda mengenai doa untuk orang meninggal. Ada tiga hal yang tidak akan terputus amalnya, yakni sedekah jariyah, ilmu yang manfaat, dan doa dari anak saleh.

Berdasarkan buku berjudul 'Tuntunan Akhlak Dalam Al-Quran dan Sunnah: Membentuk Pribadi Muslim' yang ditulis oleh Dr. Hardisman, MHID, PhD, membaca doa untuk orang meninggal jika yang berpulang adalah orangtua maka akan menjadi salah satu cara berbakti seorang anak kepada ayah atau ibunya yang sudah meninggal.

"Jika seorang anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara, yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh yang mendoakannya."

Mahmud Asy-Syafrowi dalam bukunya yang berjudul 'Sukses Dunia-Akhirat Dengan Doa-Doa Harian'. menyebut kalau doa untuk orang meninggal jika dia orangtuamu maka bisa menggunakan bahasa apa pun.

Panjatkan doa untuk orangtua meninggal agar mereka diampuni, mendapat kasih sayang Allah, dan diberikan tempat terbaik buat almarhum atau almarhumah. Tidak lupa panjatkan doa untuk orangtua meninggal seperti yang sering dibaca ketika kita masih kecil:

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.

Artinya:

"Ya Allah ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku di waktu aku kecil."

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "4 Bulan Menikah, Foto Pernikahan Barbie Hsu dan DJ Koo Akhirnya Dirilis"
[Gambas:Video 20detik]

(eny/eny)