Niat Mandi Wajib Setelah Haid dan Tata Caranya

Kristina - wolipop Senin, 18 Okt 2021 05:30 WIB
Fresh shower behind wet glass window with water drops splashing. Water running from shower head and faucet in modern bathroom. Foto: Getty Images/iStockphoto/ben-bryant/Niat Mandi Wajib Setelah Haid dan Tata Caranya.
Jakarta -

Haid merupakan siklus keluarnya darah yang dialami oleh wanita. Untuk bersuci dari haid, muslimah dianjurkan untuk membaca niat mandi wajib setelah haid.

Secara bahasa, haid artinya mengalir. Para ahli fiqih mendefinisikan haid sebagai darah yang biasa keluar dari qubul (vagina) wanita pada hari-hari tertentu. Sebagian besar ulama berpendapat bahwa haid tidak akan terjadi sebelum seorang wanita berusia 9 tahun.

Wanita haid tidak diperkenankan menjalankan ibadah seperti puasa dan sholat sebelum dirinya dalam keadaan suci. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits riwayat Muslim, dari Aisyah RA,

مَا بَالُ الْحَائِضِ تَقْضِى الصَّوْمَ وَلاَ تَقْضِى الصَّلاَةَ فَقَالَتْ أَحَرُورِيَّةٌ أَنْتِ قُلْتُ لَسْتُ بِحَرُورِيَّةٍ وَلَكِنِّى أَسْأَلُ. قَالَتْ كَانَ يُصِيبُنَا ذَلِكَ فَنُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ وَلاَ نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلاَةِ.

Artinya: "Kenapa gerangan wanita yang haid mengqadha' puasa dan tidak mengqadha' sholat?" Maka Aisyah menjawab, "Apakah kamu dari golongan Haruriyah?" Aku menjawab, "Aku bukan Haruriyah," akan tetapi aku hanya bertanya. Dia menjawab, "Kami dahulu juga mengalami haid, maka kami diperintahkan untuk mengqadha' puasa dan tidak diperintahkan untuk mengqadha' sholat." (HR Muslim).

Apabila haid telah selesai, maka dianjurkan bagi setiap wanita untuk mandi dan mengerjakan sholat. Sebagaimana disebutkan dalam riwayat Bukhari dan Muslim. Rasulullah SAW bersabda kepada Fatimah binti Abu Hubaysh yang artinya:

"Apabila mulai datang haid, hendaklah kamu meninggalkan sholat. Apabila ia telah berhenti, maka hendaklah kamu mandi dan mengerjakan sholat." (HR Bukhari dan Muslim).

Berikut tata cara mandi wajib setelah haid seperti tercantum dalam hadits Nabi SAW

Tata cara mandi wajib

1. Bacalah niat mandi wajib terlebih dahulu.

2. Bersihkan telapak tangan sebanyak 3 kali.

3. Bersihkan kotoran yang menempel di sekitar tempat yang tersembunyi dengan tangan kiri.

4. Setelah membersihkan kemaluan, cuci tangan dengan sabun dan bilas hingga bersih.

5. Lakukan gerakan wudhu yang sempurna seperti ketika kita akan sholat dimulai dari membasuh tangan sampai membasuh kaki.

6. Masukkan tangan ke dalam air, kemudian sela pangkal rambut dengan jari-jari tangan sampai menyentuh kulit kepala. Jika sudah, guyur kepala dengan air sebanyak 3 kali. Pastikan pangkal rambut juga terkena air.

7. Bilas seluruh tubuh dengan mengguyur air. Dimulai dari sisi kanan lalu lanjutkan ke tubuh sisi kiri.

8. Saat menjalankan tata cara mandi wajib setelah haid, pastikan seluruh lipatan kulit dan bagian tersembunyi ikut dibersihkan.

Niat mandi wajib setelah haid

Berikut bacaan niat mandi wajib setelah haid:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitul Ghusla Lifraf il Hadatsil Akbari minal Haidil Lillahi Ta'ala."

Artinya: Saya berniat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta'ala.

Dengan penjelasan ini, semoga tidak kesulitan lagi melakukan mandi wajib setelah haid ya detikers.



Simak Video "Aksi Para Ibu-ibu Jadi Model Fashion Show Busana Muslim"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/row)