Tata Cara Sholat Taubat, Niat dan Doanya

Tim Wolipop - wolipop Rabu, 22 Sep 2021 18:07 WIB
Tata cara sholat taubat, niat dan doanya. Foto: Getty Images/iStockphoto/think4photop Tata cara sholat taubat, niat dan doanya. Foto: Getty Images/iStockphoto/think4photop

- Doa Setelah Sholat Taubat

Setelah selesai membaca doa mohon ampunan berupa istighfar:

astaghfirullahal adziim. Allazii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuumu. Wa atuubu ilaihi.

Artinya: Saya mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Dzat yang Tiada Tuhan melainkan hanya Dia Yang Maha Hidup lagi berdiri sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya.

Atau bisa membaca istighfar seperti ini:

Allahumma anta robbi laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana abduka wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatho'tu. A 'udzu bika min syarri maa shona'tu abuu-u laka bini'matika 'alayya wa abuu-u bidzanbii, faghfirlii fainnahuu alaa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya: Wahai Tuhan, Engkau adalah Tuhanku. Tiada yang patut disembah melainkan Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.

Itulah tata cara sholat taubat termasuk kapan waktunya dan doa yang sebaiknya dibaca.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(eny/eny)