Raih Medali Pertama di Olimpiade 2020, Windy Cantika Klarifikasi Soal Hijab

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 27 Jul 2021 15:00 WIB
Windy Cantika atlet angkat besi. Foto: Dok.Instagram @kemenpora.
Jakarta -

Windy Cantika Aisah berhasil meraih medali perunggu pada cabang olahraga angkat besi nomor 49 kg putri di Olimpiade Tokyo pada Sabtu (24/7/2021). Windy menjadi atlet pertama dari Indonesia yang meraih medali di Olimpiade Tokyo 2020.

Pencapaiannya disambut gegap gempita di Tanah Air. Berbagai kalangan memberinya apresiasi karena telah memberikan medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Salah satunya dari Presiden Joko Widodo.

"Kabar baik datang dari Tokyo, hari ini. Atlet angkat besi putri Indonesia, Windy Cantika Aisah, mempersembahkan medali pertama dari ajang Olimpiade Tokyo dengan merebut medali perunggu di kelas 49kg. Dari Tanah Air, saya menyampaikan selamat," demikian Jokowi menulis di Instagramnya.

Windy Cantika atlet angkat besi.Windy Cantika atlet angkat besi. Foto: Dok.Instagram @liningindo.

Kini setelah Windy Cantika mempersembahkan medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, sorotan untuknya beralih soal hijab. Melalui unggahan di Instagram, atlet muda itu mengaku banyak mendapat pertanyaan soal hijab. Dia ditanya netizen karena sebelumnya tampil memakai hijab. Sementara saat bertanding di Olimpiade 2020, dia tidak mengenakan jilbab.

"Banyak yang DM dan tag soal Windy bertanding gak pakai hijab. Jadi untuk di luar latihan alhamdulillah Windy sudah pakai hijab," tulisnya di Instagram Story @windycantika11.

Windy menuturkan saat ini dirinya masih dalam proses belajar menggunakan hijab. Dia pun meminta warganet mendoakannya agar bisa istiqomah.

"Alhamdulillah Windy lagi hijrah baru belajar pakai hijab. Jadi masih penyesuaian mohon doanya biar istiqomah dan lebih baik lagi," lanjutnya lagi.

Windy menyimpan beberapa video saat mengenakan hijab di highlight Instagram Story. Hijab andalannya yang kerap ia gunakan adalah segi empat.

Prestasi Windy Cantika Aisah Sebagai Atlet Angkat Besi

Bagi Windy, olahraga angkat besi bukan hal asing. Dia dikenalkan oleh sang ibu, Siti Aisah, mantan atlet angkat besi Indonesia yang menyumbang medali di kejuaraan dunia 1987.

Windy dimasukkan sang ibu ke klub angkat besi di Bandung. Dia kemudian dibina mantan lifter nasional, Maman Suryaman.

Windy Cantika atlet angkat besi.Windy Cantika atlet angkat besi. Foto: Dok.Instagram @kemenpora.

Lifter 19 tahun itu mempunyai reputasi sebagai juara dunia angkat besi junior pada Mei 2021. Windy pernah meraih tiga emas pada tiga angkatan di Tashkent, Uzbekistan, Minggu (23/5/2021).

Kemenangan ini yang mengantarkan Windy meraih tiket ke Olimpiade Tokyo 2020. Keberhasilannya melampaui ekspektasi karena PABSI tidak memberikan target medali baginya.

Sederet prestasi yang pernah diraih Windy Cantika lainnya adalah mendapat medali emas SEA Games 2019, medali perak Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2019, medali emas POPNAS 2017, dan terbaru medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020.

Windy Cantika atlet angkat besi.Windy Cantika atlet angkat besi. Foto: Dok.Instagram @kemenpora.
(gaf/eny)