Membeli Baju Baru untuk Lebaran, Seperti Apa Hukumnya dalam Islam?

Lusiana Mustinda - wolipop Jumat, 07 Mei 2021 15:56 WIB
inspirasi baju lebaran 2021 Foto: instagram.com/citraciki
Jakarta -

Idul Fitri merupakan gabungan dari dua kata dalam bahasa Arab yaitu id dan fithr. Id berarti kembali dan fithr berarti makan atau berbuka. Sehingga gabungan dua kata ini berarti kembali makan atau kembali berbuka setelah satu bulan berpuasa di bulan Ramadhan.

Hari Raya sangat erat sekali dengan cerita singkat dari sahabat Anas bin Malik berikut ini:

"Dari Anas bin Malik radhiyallahuanhu berkata bahwa orang-orang jahiliyah punya dua hari dalam setiap tahun dimana mereka bermain-main untuk merayakannya. Ketika Rasulullah SAW tiba hijrah di Madinah, beliau bersabda: "Dahulu kalian punya dua hari untuk merayakan, lalu Allah menggantinya bagi kalian yang lebih baik yaitu hari Fithr dan hari Adha." (HR. An-Nasai').

Untuk merayakan Idul Fitri banyak orang yang membeli baju baru. Tetapi bagaimana hukumnya dalam Islam?

Sebenarnya untuk merayakan hari Idul Fitri tidak harus membeli baju baru. Namun disunnahkan untuk mandi sebelum berangkat ke tempat sholat. Dalilnya adalah hadits nabi Muhammad SAW berikut:

"Dari Ibnu Abbas ra berkata bahwa Rasulullah SAW mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha." (HR. Ibnu Hibban).

Disunnahkan juga mengenakan pakaian yang terbaik di hari itu, khususnya pakaian sholat, baik peci, baju koko atau gamis, sarung, celana, dan juga mukenah.

Dikutip dalam buku 'Bekal Ramadhan dan Idul Fitri (6): Idul Fithri' oleh Saiyid Mahadhir, Lc, MA, Rasulullah SAW sendiri melakukan hal yang sama:

"Dari Jabir ra bahwa Nabi SAW memiliki jubah yang dikenakannya pada saat dua hari raya dan hari Jum'at." (HR. Al-Baihaqi).

Imam As-Syafi'i meriwayatkan sebuah hadits lainnya: "Bahwa nabi Muhammad SAW pada setiap lebaran selalu memakai pakaian hibarah." (HR. As-Syafi'i).

Hibarah adalah salah satu model pakaian yang terkenal di Yaman pada waktu itu.

Selain itu, hukum membeli baju baru untuk Lebaran atau Idul Fitri juga disampaikan oleh penceramah Mahsunah Syakir, S.E., M.E.K. Yuk kita simak penjelasannya dengan KLIK DI SINI.



Simak Video "Suasana Thamrin City Diserbu Pembeli Jelang Idul Fitri"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)