BRI Ramadan Update

Ghibah Saat Berpuasa, Masihkah Kita Mendapatkan Pahala?

Lusiana Mustinda - wolipop Selasa, 20 Apr 2021 06:00 WIB
Young Malaysian girls talking to each other and enjoy the gathering. Foto: Getty Images/yongyuan
Jakarta -

Ghibah merupakan sebuah penyakit tercela yang harus selalu kita hindari. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Hujurat ayat 12:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱجْتَنِبُوا۟ كَثِيرًا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ ٱلظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا۟ وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang."

Dikutip dalam buku "Ghibah: Sumber Segala Keburukan" oleh Shakil Ahmad Khan dan Wasim Ahmad, ghibah adalah dosa karena orang yang digunjingkannya tidak hadir dan terlibat dalam perbincangan sehingga dia tidak bisa membela diri.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Tirmidzi:

Abdullah bin 'Amr berkata bahwa Rasulullah SAW, bersabda, "Seseorang yang tetap diam menjaga lidahnya (kecuali mengatakan hal yang baik) akan terselamatkan pada hari kiamat." (Sunan Al-Tirmidzi, CD no. 2125).

Dari Ibn Umar r.a, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kalian memperbanyak ucapan selain ucapan dalam mengingat Allah. Sesungguhnya banyak bicara tanpa berdzikir kepada Allah hanya akan mengeraskan hati dan sesungguhnya orang yang paling jauh dari Allah adalah yang keras hatinya." (Sunan Al-Tirmidzi, CD no. 2335).

Larangan berghibah juga dipertegas dalam surat Al-Ahzab ayat 70 yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَقُولُوا۟ قَوْلًا سَدِيدًا

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar,"

Pentingnya menjaga lisan juga perlu diterapkan dalam bulan Ramadhan. Ustazah Shoimah menjelaskan tentang seperti apa hukumnya jika seseorang menjalankan puasa dengan tetap berghibah.

KLIK DI SINI untuk melihat penjelasan ustazah Shoimah tentang hukumnya berghibah saat berpuasa.



Simak Video "KuTips: Cara Baca Al-Qur'an dengan Tanda Waqaf"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)