Mengajarkan Anak Berpuasa Ramadhan Seperti Teladan Rasulullah

Lusiana Mustinda - wolipop Sabtu, 17 Apr 2021 12:00 WIB
Sejumlah anak-anak bermain di taman Jakarta Islamic Centre, Koja, Jakarta Utara, Kamis (9/5). Mereka tampak ceria meski tengah berpuasa. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Mengajarkan anak tentang pentingnya puasa Ramadhan memang perlu ditanamkan sejak kecil. Karena di bulan Ramadhan adalah bulan dimana turunnya Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad SAW.

Selama Ramadhan, umat Islam tidak makan dan minum dari fajar hingga senja dan puncaknya adalah saat Idul Fitri. Berpuasa juga menjadi salah satu identitas seorang muslim.

Hukum puasa Ramadhan terdapat dalam surah Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,"

Dengan diwajibkannya puasa, tentu teladan Rasulullah SAW perlu dipelajari oleh para orang tua dalam mengajarkan si kecil berpuasa. Sosok Rasulullah sebagai ayah adalah yang memberikan kasih sayang sangat besar untuk keluarga.

Dalam Kitab Ibnu Katsir, Kitab Al-Bidayah wan Nihayah, bahkan di tengah kesibukannya, Rasulullah SAW selalu menyempatkan diri untuk menengok dan melihat keadaan putranya yang sedang dalam susuan ibu angkatnya.

Menurut buku "Fikih Pendidikan Anak:Membentuk Kesalehan Anak Sejak Dini" oleh Musthafa Al-'Adawy, melatih anak dan membiasakannya untuk berpuasa adalah langkah yang disyariatkan.

Al Bukhari dan Muslim meriwayatkan hadits dari Rubayyi binti Mu'awwadz r.a, ia berkata, "Pada pagi hari di hari Asyura, Rasulullah SAW mengunjungi perkampungan kaum Anshar yang ada di sekitar Madinah dan bersabda, 'Barangsiapa berpuasa, maka lanjutkan puasanya dan barangsiapa tidak berpuasa maka sempurnakan sisa harinya.' Kemudian kami berpuasa Asyura. Kami juga menyuruh anak-anak kecil kami. Kami pergi ke masjid dan kami beri mereka mainan dari wol. Jika ada yang menangis karena ingin makan, maki memberinya makanan ketika berbuka."

Terkait dengan mengajarkan anak berpuasa Ramadhan, Al-Bukhari juga meriwayatkan hadits dengan sanad mu'allaq dari Umar r.a bahwasanya ia berkata pada orang yang sedang mabuk di bulan Ramadhan, "Celakalah kamu! Anak-anak kecil saja berpuasa."

Untuk mengetahui cerita tentang teladan Rasulullah dalam mengajarkan anak-anak berpuasa, bisa dibaca DI SINI.

(lus/erd)