Menjelaskan Pengertian Sholat Ghaib yang Bisa Dikenalkan Pada Anak

Rahma Harbani - wolipop Jumat, 16 Apr 2021 21:00 WIB
Anak belajar sholat Foto: iStock/Menjelaskan Pengertian Sholat Ghaib yang Bisa Dikenalkan Pada Anak
Jakarta -

Apabila ada kerabat dekat, terutama saudara kita yang muslim ada yang meninggal, biasanya kita akan langsung hadir dalam prosesi pemakamannya.

Namun, apabila kondisi tidak memungkinkan untuk hadir, misalnya jarak tempuh yang memakan waktu berhari-hari, kita bisa mengirim doa untuk jenazah dan lakukan sholat ghaib di rumah.

Nah, sholat ghaib ini tentu saja menjadi hal yang baru bagi anak. Berbeda dengan sholat 5 waktu, sholat ghaib ini dilakukan ketika jenazah tidak berada di tempat yang sama dengan yang mensholatkan.

Jadi, mengutip dari buku Kitab Lengkap Panduan Shalat karya M. Khalilurrahman Al-Mahfani, Ma, Abdurrahim Hamdi, MA., sholat ghaib adalah sholat jenazah itu sendiri, sehingga tata cara pelaksanaannya masih sama dengan sholat jenazah hanya dengan posisi jenazah dan niat yang berbeda saja.

Shalat ini merupakan kewajiban seseorang terhadap jenazah dengan hukum fardhu kifayah, artinya kewajiban dianggap gugur jika dalam suatu wilayah tersebut, sudah ada beberapa orang yang melakukannya.

Dalam kitab al-Mausu'ah yang dikutip dari buku Fiqih Musibah oleh Farid Nu`man Hasan bahwa disebut pula kehadiran mayat tidak disyaratkan dalam shalat jenazah.



"Syafi'iyah dan Hanabilah bersepakat tidak disyaratkannya kehadiran mayat dalam sholat jenazah sehingga pelaksanaan sholat secara ghaib (ketidakhadiran mayat atau jenazah." (Al-Mausu'ah al-Fiqhiyah al-Kuwaitiyah, 16/20)

Nah, setelah mengetahui pengertian dari sholat ghaib ini, lalu bagaimana cara menjelaskan tata cara sholat ghaib ke anak? Baca DI SINI, ya!



Simak Video "Sudah 3 Pekan Masjid Nurul Islam Koja Gelar Salat Jumat 2 Gelombang"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)