Kisah Hijrah Venna Melinda, Tergerak Berhijab karena Ucapan Marini Zumarnis

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 16 Apr 2021 03:30 WIB
Kisah hijrah Venna Melinda yang mantap berhijab. Kisah hijrah Venna Melinda yang mantap berhijab. Foto: Dok. Instagram @vennamelindareal.
Jakarta -

Bintang sinetron Venna Melinda mengunggah foto penampilannya memakai hijab sejak 29 April 2020. Dalam foto itu, Venna mengenakan hijab dengan motif leopard dilengkapi dengan inner hijab warna hitam.

Selama masa pandemi virus Corona, Venna Melinda mengisi kegiatannya #dirumahaja dengan membuat video untuk konten Youtubenya 'Venna Melinda Channel' yang sudah mempunyai 28.700 subscribers. Konten Youtubenya berisi tentang kegiatannya sehari-hari dan juga wawancara santai dengan sesama artis lainnya. Dalam berbagai konten YouTube tersebut, Venna juga tampil dengan hijab.

Dalam sebuah wawancara, Venna Melinda mengatakan keputusannya berhijab ini karena ingin menjadi contoh yang baik untuk anak-anaknya. Apalagi saat ini usianya juga sudah 47 tahun, sehingga dirasa sudah waktunya untuk hijrah. Seperti apa kisah hijrah Venna?

Venna Melinda berhijabVenna Melinda berhijab Foto: Dok. Instagram Venna Melinda

Venna Melinda yang memulai karier aktingnya dalam film Catatan Si Boy II sering membagikan foto selfie dirinya saat mengenakan hijab lewat akun Instagramnya @vennamelindareal. Warganet pun langsung membanjiri kolom komentar Instagram Venna. Ada yang memujinya dan ada juga yang bilang agar Venna mempertahankan hijabnya.

Venna Melinda berkiprah di dunia hiburan dengan mengikuti ajang Abang None Jakarta 1993 dan kontes kecantikan Puteri Indonesia pada 1994. Selain berkarier di dunia hiburan, Venna juga menjajal panggung politik dengan menjadi anggota DPR dari Partai Demokrat mewakili daerah pemilihan Jawa Timur VI pada periode 2009-2014 dan 2014-2018.

Venna Melinda Hijrah

Ketika diwawancara oleh acara OKAY BOS Trans7, dalam video yang berjudul 'Hidayah Venna Melinda', ibu dari aktor Verrell Bramasta itu mengungkapkan alasannya untuk memakai hijab. Keinginan berhijabnya datang setelah berbincang dengan sahabatnya Marini Zumarnis.

"Jadi alhamdulillah saat PSBB minggu ketiga masih bulan Ramadhan. Nah, pagi-pagi biasa kan ya emak-emak, terus aku tiba-tiba ada kata-katanya dia (Marini-red) yang bikin aku tek... Ini.. kena banget. Kata-katanya gini, pokoknya mba Venna kita nggak akan bisa mengubah keadaan. Kita nggak akan bisa mengubah orang. Sekalipun itu anak, kecuali kita mengubah diri kita sendiri," ungkap Venna.

Venna Melinda mengaku tersentuh dengan ucapan Marini Zumarnis tersebut. Venna yang sudah delapan tahun hidup tanpa pasangan juga ingin hidup lebih tenang. Ia merasa harus mengubah cara berpakaiannya. Venna pun langsung salat dhuha dan meminta petunjuk dari Allah SWT.

"Ya Allah kalau memang aku harus berhijab, pokoknya dalam hatiku sudah ada keinginan untuk berhijab," ujarnya.

Venna Melinda berhijabVenna Melinda berhijab bersama dengan Athalla. Foto: Dok. Instagram Venna Melinda

Pemenang kontes kecantikan Puteri Indonesia 1994 itu menuturkan jika Verrell Bramasta dan Athalla Naufal terkejut saat melihat sang ibu berhijab. Sang anak, Athalla sempat ragu apakah ibunya benar-benar akan berhijab seterusnya atau hanya karena Ramadhan saja.

"Pas Idul Fitri hari pertama, ketemu Verrel mama sekarang berhijab? Oh bagus.. Terus yang memuji pertama kali itu Athalla Naufal mama yakin pakai hijab bukan karena sedang puasa? Oh nnggak, lihat aja nanti mama ke super market pakai hijab. Athalla mengatakan kenapa nggak dari dulu ma? Bagus kok hehee," kata Venna menirukan percakapannya dengan sang anak sambil senyum sumringah.

Venna Melinda dan putri angkatnyaVenna Melinda dan Vania Athabina. Foto: Instagram @vennamelindareal

Awal Venna Melinda Berhijab

Pemenang kontes Abang None Jakarta 1993 itu mengaku sebelum berhijab dirinya tidak ada mendapatkan mimpi atau firasat apapun. Keinginan berhijab tersebut menurutnya benar-benar datang dari hati.

"Alhamdulillah aku nggak melalui mimpi atau habis mengikuti kajian, ini kan memang dari hati. Bayangin aku seminggu sebelum berhijab olahraga masih posting pakai rok pendek pokoknya Venna Melinda banget lah itu," tuturnya.

Ia pun yakin dengan keputusannya untuk memakai hijab. Tanpa ada paksaan dan juga mulai belajar untuk memadu padankan busana dan hijab yang sesuai dengan gayanya

"Terus tiba-tiba aku yakin dan aku nggak pernah merasa panas, yang dulu kayaknya nggak mungkin deh hijab-an keluar rumah. Sekarang malah belajar cara berhijab yang bagus dengan pakaian ala aku," pungkasnya.

Venna Melinda berhijabVenna Melinda dan keluarganya. Foto: Dok. Instagram Venna Melinda
(gaf/eny)