Membaca Surat Yusuf dan Maryam untuk Ibu Hamil, Seperti Apa Hukumnya?

Lusiana Mustinda - wolipop Jumat, 26 Feb 2021 09:15 WIB
couple pregnant read quran together at home Foto: iStock
Jakarta -

Membaca surat Yusuf dan Maryam untuk ibu hamil disebut dapat melahirkan anak yang tampan seperti Nabi Yusuf dan cantik seperti Maryam.

Surat Yusuf terdiri dari 111 ayat dan diturunkan di kota Mekah. Menurut Prof. Quraish Shihab, dinamakan surat Yusuf karena memang sesuai dengan kandungan di dalamnya. Surat ini menguraikan tentang kisah Nabi Yusuf As.

Sedangkan untuk surat Maryam terdiri dari 98 ayat. Isi dari surat Maryam ini menceritakan tentang perjuangan Maryam binti Imran ketika melahirkan Isa As.

Saat hamil, calon ibu disarankan untuk berdoa dan berdzikir untuk menjaga diri kita selain sholat lima waktu. Nash-nash Al-Qur'an dan hadits banyak menjelaskan tentang keutamaan doa dan dzikir.

Allah SWT berfirman:

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

"Fadzkuruunii adzkurkum wasy kuruu lii wa laa takfuruun."

Artinya: "Maka ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)Ku. (QS. Al-Baqarah: 152).

Hadits yang dikutip dalam buku ' 'Doa dan Zikir Mustajab untuk Ibu Hamil dan Menyusui' oleh Ummu Azzam ada sebuah hadist yang mengatakan, "Sesungguhnya setiap kamu dibentuk di perut ibumu selama 40 hari, kemudian berbentuk 'alaqah kemudian menjadi mudhghah, kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh dan menetapkan 4 masalah," (HR Bukhari, Ibnu Majah dan Tirmidzi)

Dikutip dari Hai Bunda, dalam buku 'Agar Momonganmu Cantik dan Tampan, Lapis-lapis Keberkahan Surat Yusuf dan Maryam bagi Ibu Hamil' oleh Ana Syafaratin jawaban dari pernyataan di atas adalah tidak keduanya.

"Karena tidak ada dalil yang menganjurkan bagi ibu hamil untuk membaca Surat Yusuf dan Surat Maryam. Apalagi untuk tujuan diberikan anak yang tampan atau cantik," tulis Ana dalam bukunya.

"Allah SWT dan Rasul-Nya pun tidak pernah memerintahkannya, baik secara tersurat maupun tersirat. Begitu pula para sahabat juga tidak pernah mencontohkan demikian," tegasnya.

Lalu seperti apa hukum membaca surat Yusuf dan Maryam? Yuk, lihat jawabannya dengan KLIK DI SINI.

(lus/erd)