Kisah Halima Aden, Model Berhijab yang Tak Bahagia Setelah Sukses Mendunia

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 27 Jan 2021 08:00 WIB
Halima Aden. Foto: Instagram @halima Halima Aden. Foto: Instagram @halima

Halima Aden Berhenti dari Dunia Model

Pandemi Corona membuat pekerjaan Halima Aden menjadi tidak terlalu banyak. Halima pun bisa kembali ke kampung halamannya ke St Cloud untuk menghabiskan waktu bersama ibunya, yang sangat dekat dengannya.

Siapa sangka keputusannya untuk pulang kampung itu menjadi titik hijrah barunya. Pada November 2020, ia memutuskan untuk berhenti dari dunia model sekaligus mengakhiri perannya bersama Unicef.

"Saya bersyukur atas kesempatan yang diberikan Covid pada saya. Kita semua tentu kerap merenungi karier yang kita jalani dan bertanya,'Apakah ini membawa kita pada kebahagiaan yang sejati, apakah membawa kita pada kegembiraan?" katanya.

Wawancara khusus Halima Aden, supermodel berhijab pertama yang tinggalkan dunia fashion: 'Karier saya tampak sukses, tapi secara mental saya tidak bahagia'Halima Aden. Foto: BBC Magazine

Keputusan Halima Aden berhenti menjadi model dan hijrah sepenuhnya ini menurutnya adalah berkat dari doa yang selama ini dipanjatkan ibundanya. Ibunya telah lama memintanya berhenti menjadi model berhijab.

"Ibuku telah memintaku untuk berhenti menjadi model sudah sejak lama. Seandainya saja (dulu-red) aku tidak terlalu bersikap defensif. Berkat COVID-19 dan rehat dari industri ini, akhirnya aku sadar telah melakukan kesalahan dalam perjalanan berhijabku ini," demikian dia menulis di Instagramnya.

Berhenti menjadi model bukan berarti Halima Aden berhenti berkarya. Halima kini menjadi produser eksekutif film berjudul I Am You. Film yang mengangkat kisah nyata pengungsi Afghanistan tersebut akan dirilis pada Maret di Apple TV.

halima adenHalima Aden Foto: Dok. Instagram @halima.

"Saya tak sabar menunggu untuk tahu apakah kami dinominasikan untuk Piala Oscar!" ujar wanita kelahiran 19 September 1997 itu.

Selain itu kata Halima, dia juga tak akan berhenti melakukan kerja sosial meski tak lagi menjadi duta Unicef. "Saya tak akan pernah berhenti menjadi relawan," katanya.

Diakhir wawancara, Halima mengungkapkan dirinya kini ingin benar-benar tenang. Dia mau menikmati waktu dengan keluarganya di rumah.

"Kamu tahu, saya tak pernah benar-benar liburan. Saya menempatkan kesehatan mental dan keluarga saya sebagai prioritas. Saya bertumbuh, tidak hanya bertahan hidup. Saya memeriksakan kesehatan mental saya, saya mendapatkan waktu terapi," pungkas Halima Aden yang kini juga sudah menghapus akun Instagramnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(gaf/eny)